Minggu 10 Mei 2020, 13:01 WIB

Plossa Eucalyptus untuk Lawan Korona sudah Beredar di Pasaran

Dero Iqbal Mahendra | Ekonomi
Plossa Eucalyptus untuk Lawan Korona sudah Beredar di Pasaran

Istimewa/Kementan
Setidaknya, saat ini terdapat 700 jenis eucalyptus di dunia dengan kandungan bahan aktif yang beragam.

 

KONDISI pandemi akibat Covid-19 menimbulkan banyak kekhawatiran lantaran belum ada obat untuk virus tersebut. Meski begitu belakangan Kementerian Pertanian mengklaim inovasi antivirus korona berbasis eucalyptus

Belum lama ini, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan hasil pengujian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pemanfaatan eucalyptus cukup efektif terhadap sejumlah virus. 

Di antaranya virus influenza H5N1, Gammacorona, dan Betacoronavirus Clade 2a sebagai model dari virus korona yang diuji secara in vitro, eucalyptus mampu membunuh virus 80%-100%.

Setidaknya, saat ini terdapat 700 jenis eucalyptus di dunia dengan kandungan bahan aktif yang beragam. Namun bahan aktif utama terdapat pada cineol-1,8 yang memiliki manfaat sebagai antimikroba dan antivirus.

Setelah uji efektivitas kandungan bahan aktif nantinya hasil tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk diuji. Baru setelah itu dapat dikatakan sebagai inovasi kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh terhadap virus.

Kepala Balitbangtan Kementerian Pertanian, Fajry Jufri, menerangkan pihaknya telah mengujicobakan kepada pasien yang terpapar covid-19 dengan hasil sangat baik. Balitbangtan sejauh ini telah membuat prototipe eucalyptus dengan nano teknologi dalam bentuk inhaler, roll on, salep, balsem, dan defuser.

Ia menerangkan manfaat dari eucalyptus ini adalah melegakan saluran pernapasan, kemudian menghilangkan lendir, pengusir serangga, disinfektan luka, penghilang nyeri mengurangi mual, dan mencegah penyakit mulut.  

Nyatanya, produk terkait eucalyptus sebetulnya sudah ada di pasaran dan merupakan produk lokal Indonesia. Plossa Press & Soothe Aromatics memiliki produk varian eucalyptus oil dengan empat fungsi yakni inhaler, roll on, pijat dan kerokan dalam satu produk. 

Sebagai inhaler dapat menjadi aroma therapy yang menyegarkan untuk melegakan hidung tersumbat. Dapat juga sebagai roll on untuk dioles di leher dan kepala untuk meredakan sakit  kepala. Selain itu dapat juga menjadi pereda pegal otot maupun sebagai kerokan untuk masuk angin.

Dengan harga ekonomis produk ini dapat terjangkau serta praktis untuk dibawa ke mana-mana. Desain moderen pun menjadikan produk ini efisien untuk digunakan kapan pun.

Untuk memperolehnya Anda tidak perlu keluar rumah, cukup dengan belanja daring, Anda sudah dapat memperoleh produk ini. Selain itu apabila anda harus keluar rumah selain menggunakan masker jangan lupa untuk selalu membawa produk ini. (Dro/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Septianda Perdana

Ekspor Sarang Burung Walet Berpotensi Meningkat Tajam

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Januari 2021, 22:22 WIB
Saat ini Tiongkok menjadi salah satu importir terbesar sarang burung walet dengan total 262 ton per 2020 dengan harga rata-rata Rp25 juta...
Antara/Rahmad

Temuan UNDP, UMKM Tak Mampu Bertahan Lebih dari 10 Bulan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 21 Januari 2021, 21:31 WIB
Ekonom UNDP Indonesia Rima Prama Artha menuturkan, 90% pelaku UMKM mengalami penurunan permintaan atas produk mereka selama...
Antara/Galih Pradipta

6 Program Ini Jadi Fokus Kemenkop-UKM Sepanjang 2021

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 21 Januari 2021, 20:49 WIB
“Untuk bidang perkoperasian kami menargetkan outcome terwujudnya koperasi modern,” ungkap Menteri Koperasi dan UKM Teten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya