Minggu 24 April 2022, 12:12 WIB

Ketahui Manfaat Vitamin D3, Vitamin E dan Astaxanthin untuk Kesehatan

Adiyanto | Weekend
Ketahui Manfaat Vitamin D3, Vitamin E dan Astaxanthin untuk Kesehatan

unsplash.com/Anna Pelzer
ilustrasi: Makanan sehat

 

Di masa pasca pandemi covid-19, memelihara ketahanan tubuh dengan meningkatkan imun tetap penting untuk dilakukan. Ketika Anda memiliki imun yang kuat, semakin kecil pula risiko terserang virus korona.

Untuk meningkatkan imun tubuh, Anda butuh asupan makanan sehat dan bergizi seimbang, serta mengikuti pola hidup sehat lainnya. Di antara begitu banyak nutrisi dan vitamin, Vitamin D3, E dan Astaxanthin ternyata memiliki banyak manfaat untuk membangun sistem imun tubuh yang kuat.

Kombinasi ketiganya cukup ampuh dalam mencegah virus mampir ke tubuh Anda. Berikut manfaat ketiga nutrisi tersebut, seperti dilansir healthline.com dan healthcareweekly.com

Vitamin D3

Sejumlah literatur menyebutkan bahwa vitamin D3 adalah bentuk paling alami dari vitamin D. Sebagai informasi, secara kimiawi, bentuk aktif dari vitamin D ada dua, yaitu vitamin D2 (ergokalsiferol) dan vitamin D3 (kolekalsiferol).

Vitamin D3 berperan dalam mengatur kadar kalsium dalam tubuh, hingga menjaga kekuatan tulang dan gigi. Mencegah keropos tulang bagi wanita diatas umur 30 tahun. Vitamin ini dapat terbentuk secara alami saat kulit terkena sinar matahari langsung. Kemudian pada beberapa makanan hewani, seperti ikan laut, telur, susu dan olahannya, hati sapi, dan sereal.

Vitamin ini juga memiliki peran dalam pencegahan berbagai penyakit infeksi respiratorik, seperti tuberkulosis paru dan influenza.

Vitamin E

Vitamin E mempunyai sifat anti radang dan antioksidan, yang dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus maupun bakteri. Vitamin ini juga mampu meningkatkan produksi antibodi untuk melawan penyakit. Kemudian menangkal radikal bebas yang melemahkan sistem imun.

Vitamin ini terkandung dalam biji bunga matahari, kacang tanah, kacang almond, bayam, brokoli, hingga alpukat. Kadar vitamin E paling banyak terkandung dalam biji bunga matahari. Untuk 30 gram biji bunga matahari, terkandung sekitar 65% kebutuhan vitamin E harian yang dibutuhkan tubuh.

Astaxanthin

Astaxanthin merupakan senyawa antioksidan sekaligus zat pemberi warna (pigmen) merah pada biota laut, seperti udang, lobster, kepiting, salmon, dan ganggang. Kekuatan astaxanthin sebagai senyawa antioksidan disebut 6.000 kali lebih tinggi ketimbang vitamin C sehingga punya kemampuan sangat baik dalam meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Senyawa ini juga bermanfaat melindungi sel-sel dalam sistem imun dari paparan radikal bebas.

Anda dapat mengonsumsi ketiga nutrisi tersebut dalam bentuk buah, sayuran, serta makanan hewani atau juga bisa berupa asupan suplemen Tomo Kenko yang banyak dijual di berbagai marketplace. (*/M-4)

Baca Juga

MI/adiyanto

FIB UI Gelar Seminar dan Pameran Foto Keberagaman dan Toleransi Masyarakat Singkawang

👤Adiyanto 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:31 WIB
Seminar ini kelanjutan penerbitan buku “Memoar Orang-Orang Singkawang” yang diterbitkan pada 15 Februari 2022 , bertepatan...
Dok. Instagram @javajazzfest

Ini Syarat Baru Nonton Java Jazz 2022

👤Fathurrozak 🕔Rabu 25 Mei 2022, 19:05 WIB
Java Jazz 2022 akan dihelat pada 27-29 Mei di JIExpo Kemayoran,...
Unsplash/ Myles Tan

Ini Pentingnya Bermain di Ruang Terbuka Bagi Anak

👤Devi Harahap 🕔Rabu 25 Mei 2022, 15:25 WIB
Bergembira di luar ruangan memberikan kontribusi positif bagi kesehatan mental dan kesejahteraan emosional...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya