Rabu 20 April 2022, 21:35 WIB

Tips Saat Anda Mengalami Sunburn

Nike Amelia Sari | Weekend
Tips Saat Anda Mengalami Sunburn

AFP/CHANDAN KHANNA
Seorang pria di pantai Florida, AS, mengalami luka bakar akibat sengatan matahari di bagian wajah.

 

Waktu liburan banyak dimanfaatkan orang untuk bersantai dan mengunjungi tempat-tempat wisata. Banyaknya beraktivitas di luar dan saat cuaca sedang terik dapat membuat kulit mengalami Sunburn. Sunburn atau kulit terbakar dapat terjadi saat kulit terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung.

Jika Anda mengalami sengatan matahari, pastikan untuk memperhatikan penggunaan hal-hal tertentu di kulit Anda agar tidak memperburuknya. Selain itu, ada beberapa tips terbaik untuk meredakan luka bakar dan apa yang harus dihindari saat merawatnya, seperti dikutip dari mirror.co.uk, Senin (18/4).

Sunburn dapat diobati di rumah dan akan membaik dalam waktu tujuh hari, namun, jika Anda memiliki kulit yang bengkak, melepuh, suhu tinggi, sakit kepala dan merasa pusing dan sakit, Anda harus mencari bantuan medis.

Jika tidak, Anda dapat menenangkan kulit dengan mandi air dingin atau berendam atau mengoleskan handuk basah ke area tersebut.

Setelah itu, NHS merekomendasikan penggunaan krim atau semprotan khusus untuk kulit yang terpapar matahari dengan  lidah buaya.

Juga disarankan agar Anda minum banyak air untuk mencegah dehidrasi, minum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen jika Anda kesakitan dan hindari memaparkan kulit terbakar Anda ke lebih banyak sinar matahari sampai benar-benar sembuh.

Selain itu, ada dua perawatan lagi yang harus Anda hindari untuk digunakan pada kulit yang terbakar sinar matahari karena dapat lebih berbahaya daripada bermanfaat . Ini termasuk petroleum jelly dan es atau kompres es yang dioleskan langsung ke kulit.

 Menurut para ahli, petroleum jelly tidak bertindak seperti pelembab seperti yang Anda kira tetapi malah menjadi penghalang, menjebak panas dan keringat, membuat Anda merasa lebih tidak nyaman dan berpotensi menyebabkan infeksi.

 Es tidak boleh dioleskan langsung ke kulit yang mengalami sunburn dan dapat menyebabkan rasa sakit dan kerusakan.  Anda dapat menggunakannya pada kulit yang terbakar sinar matahari jika Anda membungkusnya dengan handuk terlebih dahulu, lalu oleskan pada kulit. (M-2)

Baca Juga

Charly TRIBALLEAU / AFP

Taiko, Tradisi Gendang Jepang yang masih Bergema di Era Kiwari

👤Adiyanto 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:32 WIB
Kunci dari evolusi itu adalah seorag drummer jazz Daihachi Oguchi, yang memindahkan festival taiko ke panggung pertunjukan pada 1950-an dan...
CNN/Southeby

Lukisan Berobjek Kekasih Picasso Laku Dilelang Rp990 Miliar

👤Devi Harahap 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:05 WIB
Lukisan itu menggambarkan Marie - Therese Walter sebagai makhluk...
Gucci

Gucci dan Adidas Bikin Payung Mewah Tidak Tahan Hujan

👤Putri Rosmalia 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:07 WIB
Produk kolaborasi itu menuai banyak kritikan karena dianggap tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya