Kamis 07 April 2022, 04:23 WIB

Hindari Kesalahan Pemakaian Kondisioner Rambut Ini

Nike Amelia Sari | Weekend
Hindari Kesalahan Pemakaian Kondisioner Rambut Ini

123RF
Pemakaian kondisioner yang tidak tepat berisiko merusak rambut Anda.

 

Penata rambut Martina Kralikova mengatakan bahwa kita semua membuat beberapa kesalahan umum saat menggunakan kondisioner, yang berisiko merusak rambut. Kerusakan rambut akan terjadi apabila cara kita mengaplikasikan kondisioner tidak benar sehingga justru tidak mebuat rambut halus dan sehat.

 Martina Kralikova, penata rambut di The Bohemians, mengatakan bahwa hampir semua dari kita akan melakukan setidaknya satu dari kesalahan-kesalahan paling umum setiap kali kita mencuci rambut, termasuk menggunakan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Kesalahan pemakaian kondisioner tersebut sebagai berikut, seperti dilansir dari mirror.co.uk.

1. Menerapkan kondisioner ke area yang salah

Martina mengatakan bahwa salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang berkaitan dengan tempat mereka menggunakan kondisioner mereka. Anda tidak boleh mengoleskan kondisioner ke akar rambut Anda, karena ini bisa membuat rambut Anda terlalu berminyak.

 Sebagai gantinya, aplikasikan produk hanya dari bagian tengah hingga ujung, yang akan menjadi bagian rambut paling tua dan paling kering.  Biarkan meresap selama beberapa menit lalu bilas dengan air dingin.

2. Menggunakan produk yang salah

 Kondisioner ringan bekerja paling baik untuk rambut halus, tetapi masker deep conditioning dapat membebani rambut terlalu banyak, meskipun penuh dengan minyak alami yang penting untuk jenis rambut lainnya.

"Carilah campuran silikon untuk menghaluskan helai (rambut), asam amino untuk memperkuat rambut, provitamin atau panthenol untuk melembabkan, dan minyak mineral atau petrolatum untuk melindungi, tergantung pada apa yang Anda butuhkan," katanya.

3. Menggunakan jumlah yang salah

 Kita semua tahu pentingnya menggunakan kondisioner untuk menjaga kesehatan rambut kita, tetapi menggunakan terlalu banyak juga dapat merusak.  Martina mengatakan terlalu banyak kondisioner akan menyebabkan penumpukan produk yang pada gilirannya akan membuat rambut Anda terlihat berminyak. Jumlah yang Anda perlukan akan tergantung pada jenis dan panjang rambut Anda.

4. Tidak menunggu cukup lama

 Kondisioner tidak boleh langsung dibilas, menurut Martina. Ahli mengatakan kondisioner harus dibiarkan selama beberapa menit setidaknya untuk memungkinkannya mengemulsi ke dalam rambut.

Masker deep conditioning, di sisi lain, harus dibiarkan antara 10 dan 30 menit, idealnya dengan topi mandi untuk menjaga rambut tetap di tempatnya.  Ini akan membuat rambut Anda terlihat terhidrasi dan berkilau.

 Tentu saja, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah apakah Anda membilas dengan benar atau tidak saat akan mencuci kondisioner dari rambut Anda.

 Menyisakan kondisioner di rambut dapat menyebabkan rambut berminyak dan kotor, jadi pastikan Anda membilas kondisioner di rambut dengan benar. (M-2) 

Baca Juga

Charly TRIBALLEAU / AFP

Taiko, Tradisi Gendang Jepang yang masih Bergema di Era Kiwari

👤Adiyanto 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:32 WIB
Kunci dari evolusi itu adalah seorag drummer jazz Daihachi Oguchi, yang memindahkan festival taiko ke panggung pertunjukan pada 1950-an dan...
CNN/Southeby

Lukisan Berobjek Kekasih Picasso Laku Dilelang Rp990 Miliar

👤Devi Harahap 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:05 WIB
Lukisan itu menggambarkan Marie - Therese Walter sebagai makhluk...
Gucci

Gucci dan Adidas Bikin Payung Mewah Tidak Tahan Hujan

👤Putri Rosmalia 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:07 WIB
Produk kolaborasi itu menuai banyak kritikan karena dianggap tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya