Jumat 04 Maret 2022, 10:53 WIB

Ini Cara Pulihkan Komputer Anda dari Ransomware

Putri Rosmalia | Weekend
Ini Cara Pulihkan Komputer Anda dari Ransomware

123RF
Ransomware merupakan kejahatan pemerasan di dunia maya.

 

Ransomware adalah bagian dari malware yang dapat mengunci dan mengenkripsi data di komputer korban. Pelaku kemudian memberi tahu korban bahwa eksploitasi telah terjadi dan data tidak akan dapat dibuka atau didekripsi hingga pembayaran diterima.

Ransomware merupakan kejahatan pemerasan dunia maya, yang kemudian terus berkembang menjadi pemerasan ganda atau double extortion.

Pertama, pelakunya memeras untuk mendapatkan kunci dekripsi untuk membuka file yang dienkrips atau sandera. Langkah berikutnya, mereka memeras dengan mengancam akan membocorkan data yang sudah mereka curi.

Upaya pencegahan memang paling penting dilakukan agar tak menjadi korban serangan siber dengan ransomware. Namun, jika telah terlanjur menjadi korban, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memulihkan komputer dari serangan ransomware.

Menurut IT Security Consultant PT Prosperita Mitra Indonesia, Yudhi Kukuh, dalam rilisnya, Jumat, (4/3), tidak semua file yang terinfeksi ransomware dapat dipulihkan seperti sedia kala. Sebagian besar harus merelakan filenya terenkripsi.

Menghapus ransomware bisa berakibat fatal jika salah dalam penanganan. Dan sebagai profesional keamanan harus memastikan mereka tidak mengizinkan malware menembus lebih jauh ke dalam sistem. Agar tak salah langkah, berikut ini hal yang dapat dilakukan untuk memulihkan komputer dan data setelah terserang ransomware menurut Yudhi.

1. Isolasi perangkat yang terinfeksi atau putuskan dari jaringan data.

2. Tentukan jenis ransomware untuk memungkinkan upaya perbaikan yang lebih bertarget. Hampir semua ransomware tidak dapat didekripsi ulang, tetapi dengan mengetahui jenis ransomware dapat membantu menentukan langkah penanganan dan penutupan sumber masalah.

3. Hapus ransomware menggunakan perangkat lunak anti malware atau anti ransomware untuk mengkarantinanya. Meminta bantuan profesional keamanan eksternal, dan jika perlu menghapusnya secara manual.

4. Pulihkan sistem dengan memulihkan versi OS sebelumnya sebelum serangan terjadi atau dengan melakukan system restore).

5. Jika perangkat tersebut dianggap tidak terlalu penting, dapat dilakukan instalasi ulang untuk mempersingkat waktu. (RO/M-2) 

Baca Juga

Dok Prost Fest 2022

Prost Fest 2022 di Bali Bakal Tampilkan Puluhan Musisi Kenamaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 15:02 WIB
Prost Fest 2022 bukan hanya menjadi hiburan semata, tapi juga mengedepankan para local heroes ke pentas Nasional hingga bisa...
Instagram @mangkokku_id

Gandeng Tasyi Atasyia, Mangkokku Hadirkan Rice Bowl Baru

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 12:15 WIB
"Menu kolaborasi dengan Tasyi Atasyia ini adalah menu seasonal (musiman). Nanti dua bulan kemudian akan ada lagi menu kolaborasi baru...
Dok. Titimangsa

Senandung Revolusi Ismail Marzuki

👤Fathurrozak 🕔Kamis 30 Juni 2022, 12:05 WIB
Pentas monolog ini berlangsung di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Rabu-Kamis, 29-30 Juni pukul 20.00 WIB dengan penonton...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya