Jumat 21 Januari 2022, 09:54 WIB

Ini Area Rumah yang Sering Luput Dibersihkan

Nike Amelia Sari | Weekend
 Ini Area Rumah yang Sering Luput Dibersihkan

unsplash.com/Nik Lanus
Ilustrasi: Ruang Tidur

 

SELURUH ruangan rumah memang harus dibersihkan secara berkala agar tidak ada pertumbuhan bakteri, jamur, dan kuman. Jika rumah tidak dibersihkan secara rutin, dapat menyebabkan penyakit serius seperti diare, keracunan, iritasi, alergi saluran pernapasan, hingga penyakit lainnya..Namun, terkadang ada beberapa bagian ruangan atau benda yang sering terlupa untuk dibersihkan.

Berikut tujuh tempat di antaranya seperti dilansir dari thespruce.com, situs inspirasi rumah.

1. Bagian Bawah Perabotan dan Dinding
Saat Anda melihat di bawah tempat tidur atau sofa biasanya ada banyak debu yang dibiarkan. Debu dan kotoran dapat menempel pada permukaan vertikal maupun horizontal. Buka gorden dan nyalakan semua lampu agar Anda dapat melihat debu yang menempel di area rumah. Jika di rumah memiliki wallpaper bertekstur, akan lebih banyak debu terlihat di sana.

Mulailah dari bagian atas dinding dan turunkan menggunakan kain lap yang menjebak partikel. Di ruangan seperti dapur dan kamar mandi yang memiliki kelembapan lebih, Anda mungkin perlu menyeka alas tiang dengan kain lembab karena kelembapan telah mengubah debu menjadi tanah yang menempel di permukaan.

2. Bagian Atas Lemari, Pintu, dan Bingkai Foto
Saat Anda membersihkan, luangkan waktu untuk melihat ke atas. Anda mungkin melihat lebih banyak kotoran. Kita cenderung mengabaikan apa yang berada di luar jangkauan pandangan kita. Bersihkan secara rutin bagian atas kusen pintu, dapur dan bagian atas lemari, bingkai foto, dan sudut langit-langit.

3. Ventilasi
Ventilasi ruangan juga kerap jarang dibersihkan. Luangkan waktu untuk membersihkan lubang ventilasi juga. Anda akan bernapas lebih mudah dan akan mengurangi jumlah debu ke depannya saat pertukaran udara baik dan lancar di dalam ruangan.

4. Lantai Lemari
Lantai lemari terutama jika berkarpet bisa berdebu dan kotor. Karpet bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan lumut serta serangga. Setidaknya secara musiman, tarik semuanya dari lemari dan bersihkan ruangan secara menyeluruh. Ini juga waktu yang tepat untuk membuang atau menyumbangkan pakaian yang tidak benar-benar dibutuhkan dan menyimpan sisanya dengan benar.

5. Penyedot Debu dan Alat Pembersih
Penyedot debu harus dibersihkan setiap kali digunakan dengan baik. Periksa batang putar dan sikat, lalu singkirkan benang atau rambut yang kusut. Semua kepala pel dan sikat gosok harus dibersihkan dengan air panas dan pembersih disinfektan setelah setiap kali digunakan.

6. Tanaman dalam Ruangan
Baik tanaman hidup dan tanaman tak hidup di dalam ruangan dapat berdebu. Sebab itu, penting untuk membersihkan setiap helai daun dari tanaman tersebut. Gunakan kain mikrofiber atau kemoceng sekali pakai untuk menyeka setiap daun. Tanaman sutra juga bisa dibersihkan dengan kain atau dengan membawanya keluar dan menggunakan pengering rambut yang disetel dingin untuk menghilangkan debu.

Yuk, mumpung WFH dan banyak waktu luang, ayo bersih-bersih rumah ! (M-4)

 

Baca Juga

123RF

Ini Lo Manfaat Bermain Gim Terhadap IQ

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 16 Mei 2022, 21:49 WIB
Penelitian terhadap ribuan anak di AS melihat korelasi antara durasi bermain gim dan tingkat...
MI

Sudoku edisi 15 Mei 2022

👤MI 🕔Minggu 15 Mei 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Ikut Demo

👤M. Tiyok 🕔Minggu 15 Mei 2022, 05:55 WIB
MAU kemana Jon, bawa pisau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya