Sabtu 20 November 2021, 10:53 WIB

Konten Platform Streaming Marak Digunakan untuk Phishing

Putri Rosmalia | Weekend
Konten Platform Streaming Marak Digunakan untuk Phishing

Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya
Ilustrasi: Phising

 

Platform streaming atau layanan video on-demand tengah marak digunakan sebagai media untuk melakukan phishing oleh penjahat siber. Hal itu diketahui berdasarkan riset yang dilakukan Kaspersky sejak Januari 2020 hingga akhir Juni 2021 yang berjudul ‘Streaming wars continue, what about cyberthreats?'

Berdasarkan rilis Kaspersky, Jumat, (19/11), dari riset tersebut diketahui setidaknya terdeteksi 93 ribu upaya infeksi yang menyamar sebagai lima platform streaming yang tengah populer. Kelimanya ialah Netflix, Disney+, Apple TV+, Amazon Prime Video, dan Hulu.

Para penjahat siber umumnya menggunakan konten platform-platform tersebut yang tengah ramai dibicarakan oleh netizen untuk melakukan phishing atau pengelabuhan. The Mandalorian dan Money Heist adalah acara yang paling sering dieksploitasi untuk menyebarkan aktivitas berbahaya karena popularitasnya.

Secara keseluruhan, Kaspersky mendeteksi 93.095 upaya untuk menginfeksi 18.938 pengguna unik dengan 8.650 file berbeda selama periode riset dilakukan. Netflix tidak hanya menjadi platform terkemuka untuk fitur keanggotaan, tetapi juga layanan streaming paling populer yang digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber. Faktanya, 89,93% pengguna yang menjadi korban serangan malware atau perangkat lunak berbahaya terkena phishing saat mencari Netflix dan kontennya.

Para pelaku kejahatan siber secara aktif memanfaatkan acara dan serial streaming sebagai umpan penipuan daring. Selain The Mandalorian dan Money Heist, konten serial yang paling banyak dimanfaatkan untuk phishing ialah Rick and Morty (9,69%), Peaky Blinders (9,25%) dan Westworld (7,17%).

Untuk menghindari menjadi korban program berbahaya dan penipuan saat menggunakan layanan streaming, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Mulai dari memeriksa ketat keaslian laman, hingga hindari tautan yang hanya menampilkan bagian awal konten. (M-4)

Baca Juga

dok: Setkab

Baju Adat Dolomani hingga Kebaya Karya Didiet Maulana di Istana Negara

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:50 WIB
Tak hanya pakaian adat yang telah terkenal seperti kebaya, dari tahun ke tahun pakaian adat yang dihadirkan semakin...
MI/Devi Harahap

Yuk, Intip Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Sarinah

👤Devi Harahap 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:25 WIB
Pameran yang diadakan Kemenseneg ini memajang sebanyak tujuh unit mobil kepresidenan yang pernah menjadi kendaraan dinas dan digunakan oleh...
unsplash.com/Nathan Dumlao

Ini Alasannya Mengapa Anda Perlu Melakukan Pekerjaan Rumah Secara Rutin

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:00 WIB
Melakukan tugas-tugas ringan memungkinkan pikiran mengembara ke mana pun ia mau....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya