Jumat 08 Oktober 2021, 21:21 WIB

Foto Terbaru Perkuat Dugaan Adanya Kehidupan Kuno di Planet Mars

Galih Agus Saputra | Weekend
Foto Terbaru Perkuat Dugaan Adanya Kehidupan Kuno di Planet Mars

NASA
Kawah Jezero di Planet Mars

 

Sebuah gambar yang diabadikan Perseverance rover dan selesai diolah baru-baru ini kembali menjadi bukti bagaimana air turut membantu pembentukan lanskap planet Mars miliaran tahun silam. Gambar itu juga dianggap dapat menjadi petunjuk para astronot, dalam upayanya mencari bukti kehidupan di masa lampau.

Gambar tebing itu diabadikan Februari lalu, atau lebih tepatnya ketika Perseverance mendarat di kawah Jezero. Sedari awal ilmuwan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah memperkirakan bahwa di situs ini pernah terdapat sungai yang mengarah ke danau. Ia menyimpan sedimen di suatu delta berbentuk kipas yang terlihat dari luar angkasa.

Pakar Astrobiologi NASA, Amy Williams dan timnya di Florida menemukan kesamaan antara fitur tebing yang terlihat di kawah dan pola delta sungai di Bumi. Adanya tiga lapisan bawah di kawah juga dipercaya menjadi bukti keberadaan aliran air yang stabil di masa lampau. Bukti ini sekaligus menjadi petunjuk bahwa Mars memiliki keadaan yang cukup hangat dan lembab, sehingga mendukung siklus hidrologi sekitar 3,7 miliar tahun silam.

"Temuan ini akan membantu para peneliti ke mana harus mengirim wahana untuk mencari tanah dan bebatuan yang mungkin mengandung 'tanda-tanda biologis' berharga dari bentuk kehidupan Mars yang telah diduga. Dari gambar orbital, kami tahu pasti bahwa air ialah yang membentuk delta. Memiliki gambar-gambar ini rasanya seperti membaca buku, bukan hanya melihat sampulnya," terang Williams, seperti dilansir dari The Guardian, Jumat, (8/10).

Adapun proyek pencarian tanda kehidupan di Mars oleh NASA sendiri dewasa ini telah memakan waktu puluhan tahun, dan menghabiskan biaya miliaran dolar. Dalam beberapa tahun terakhir, proyek ini juga telah berhasil mengumpulkan 30 sampel batu dan tanah dalam tabung tertutup. Sampel itu nantinya akan dikirim kembali ke Bumi sekitar 2030-an untuk dianalisis dalam laboratorium.

"Mengetahui bahwa Mars mungkin pernah menyimpan kehidupan akan menjadi salah satu penemuan paling mendalam yang pernah dibuat oleh umat manusia. Ini benar-benar membuka mata untuk melihat sesuatu yang belum pernah dilihat siapa pun di Bumi sebelumnya," pungkas Williams. (The Guardian/M-2)

Baca Juga

Antara

Sapto Djojokartiko Hadirkan Koleksi Akhri Tahun Holiday Spirit

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 10:07 WIB
 Sapto Djojokartiko menghadirkan koleksi akhir tahun yang bertemakan “holiday...
Dok. Pribadi

Rupiah Digital sebelum Cryptocurrency

👤Putri Rosmalia 🕔Minggu 28 November 2021, 06:30 WIB
TREN investasi aset kripto tengah meningkat di...
MI

Sudoku edisi 28 November 2021

👤MI 🕔Minggu 28 November 2021, 06:20 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya