Selasa 06 Juli 2021, 10:55 WIB

Ini Penyebab Suhu di Selandia Baru Kian Panas

Adiyanto | Weekend
Ini Penyebab Suhu di Selandia Baru Kian Panas

CHRIS SKELTON / POOL / AFP
Banjir di Selandia Baru pada aswal Juni lalu. Akhir-akhir ini cuaca di negara itu mengalami anomali. Suhu kini semakin panas

 

SELANDIA Baru mencatat rekor terpanas pada Juni lalu. Menurut badan ilmiah pemerintah, Selasa (6/7). suhu terus melonjak dalam pola yang konsisten dengan pemanasan global.

“Suhu harian rata-rata 10,6 Celcius (51,1 Fahrenheit) - 1,9C, di atas rata-rata meskipun cuaca dingin di akhir bulan,” kata Institut Nasional Penelitian Air dan Atmosfer (NIWA).

Lembaga tersebut menctatat kondisi anomali semacam itu telah terjadi 13 kali sejak 1909.

"Yang mengkhawatirkan adalah selama 10 tahun terakhir fenomena itu telah terjadi enam kali," kata ilmuwan NIWA Chris Brandolino.

Brandolino mengatakan selain faktor jangka pendek seperti suhu laut yang lebih hangat yang menyebabkan udara di atas Selandia Baru memanas, perubahan iklim merupakan faktor dasar yang konstan.

"Kami memiliki lebih banyak aliran udara timur laut dari biasanya (dari Pasifik), jadi mereka datang dari tempat yang hangat, dan suhu laut juga lebih hangat dari rata-rata. Selain itu, faktor perubahan iklim ikut memicu suhu yang menghangat dan mencetak rekor pada Juni.”

Selandia Baru mengalami tahun terpanas ketujuh pada tahun 2020, yang juga merupakan tahun ketujuh dalam satu dekade di mana suhu berada di 10 besar tertinggi yang pernah tercatat.

Perdana Menteri dari sayap kiri-tengah negara itu, Jacinda Ardern menyatakan tindakan mendesak diperlukan demi generasi mendatang.

Selandia Baru telah berkomitmen untuk menjadi netral karbon pada 2050 dan untuk menghasilkan semua energinya dari sumber terbarukan pada 2035. (AFP/M-4)

Baca Juga

Dean R Lomax via twitter

Seorang Penambang Emas di Kanada Temukan Mumi Bayi Gajah Purba Berusia 3500 Tahun

👤Adiyanto 🕔Selasa 28 Juni 2022, 16:43 WIB
Bangkai bayi mamut berbulu yang diawetkan secara alami itu diperkirakan berusia lebih dari 35.000...
unsplash.com/Mark OFlynn

Mengenal Carding, Pencurian Akses Kartu Kredit Paling Merugikan

👤Putri Rosmalia 🕔Selasa 28 Juni 2022, 16:07 WIB
Wiretapping adalah teknik penyadapan yang dilakukan pelaku terhadap akun-akun digital...
unsplash.com/Joseph Barrientos

Lautan Kini Semakin Sedikit Menyimpan Karbon

👤Devi Harahap 🕔Selasa 28 Juni 2022, 11:22 WIB
Berdasarkan model penelitian partikel baru yang ditemukan para peneliti, ternyata proses penyerapan ini hanya mampu menyimpan sedikit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya