Selasa 22 Juni 2021, 12:51 WIB

Ini Sederet Keuntungan Beralih ke Panel Surya

Putri Rosmalia | Weekend
Ini Sederet Keuntungan Beralih ke Panel Surya

123RF/Udo72
Penggunaan panel surya dapat memberi manfaat dalam jangka panjang

Energi surya menjadi salah satu opsi terbaik penghasil tenaga listrik alternatif yang ramah lingkungan. Melalui teknologi panel surya, saat ini tenaga surya sudah bisa digunakan secara mandiri di rumah.  

Saat ini sudah semakin banyak perusahaan penyedia teknologi dan jasa pemasangan panel surya di rumah. Umumnya biayanya sekitar Rp20 juta-30 jutaan rupiah berdasarkan besarnya tenaga listrik yang bisa dihasilkan. 

Jika Anda berminat memasangnya, bisa saja membuat estimasi kasar biaya melalui tautan dari Kementerian ESDM ini. Anda perlu mengetahui luas atap yang hendak dipasangi panel, arah dan sudut kemiringan atap, juga daya listrik terpasang di rumah Anda. 

Meski memerlukan biaya relatif besar saat pemasangan, penggunaan panel surya memilki keuntungan signifikan yang bisa dinikmati jangka panjang. Tidak hanya secara pribadi, tetapi juga secara lebih luas bagi lingkungan Bumi.

Dilansir dari greenmatch.co.uk, berikut ini keuntungan dari penggunaan panel surya.

1. Hemat Biaya Listrik Bulanan
Meski memerlukan biaya relatif besar ketika pemasangan, menggunakan panel surya dalam jangka panjang akan memberikan keuntungan secara finansial bagi penggunanya. 

Karena berasal dari tenaga matahari yang tak terbatas, pengguna panel surya dapat mengurangi atau bahkan terbebas dari keharusan membayar tagihan listrik bulanan pada perusahaan penyedia listrik negara, atau PLN, di Indonesia. Seperti diketahui tarif listrik juga terus mengalami kenaikan secara berkala.

2. Multifungsi
Selain bisa digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik, panel surya juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan panas atau solar thermal. Solar termal skala kecil untuk di rumah, umumnya bisa digunakan sebagai penghangat ruangan, pemanas air, hingga penghangat kolam renang.

3. Minim Biaya Pemeliharaan
Panel surya tidak memerlukan perawatan yang rumit dan berlebihan. Cukup dibersihkan secara rutin secara berkala setiap bulan, perangkat panel surya tersebut tetap akan bisa terjaga dengan baik.

Perangkat panel surya umumnya bisa berdaya pakai hingga puluhan hingga belasan tahun. Umumnya perusahaan penyedia panel surya juga memiliki layanan perawatan panel surya yang mumpuni.


4.Kontribusi Penyelamatan Lingkungan
Tak terbantahkan lagi bahwa saat ini Bumi terus mengalami peningkatan suhu dan pemanasan global yang signifikan. Beralih menggunakan panel surya dapat menjadi salah satu langkah nyata upaya penyelamatan bumi. Khususnya di Indonesia yang saat ini mayoritas tenaga listrik masih berasal dari hasil pembakaran batu bara yang tak ramah lingkungan. (M-2) 

Baca Juga

MI/Ebet

Menghargai Persahabatan

👤Adiyanto Wartawan Media Indonesia 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 05:20 WIB
Dan Kematian makin Akrab. Itu judul puisi karya almarhum Subagio...
MI/SUMARYANTO BRONTO

RATIH IBRAHIM Tumbuhkan Harapan lewat Konseling

👤 (*/M-1) 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 05:15 WIB
RATIH Ibrahim sudah cukup dikenal sebagai salah satu psikolog kenamaan di Tanah...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Gibran Huzaifah, Solidaritas Pembudi Daya Ikan

👤(*/M-1) 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 05:10 WIB
SELAIN sektor pariwisata dan hiburan, pukulan pandemi covid-19 juga terjadi pada sektor...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya