Jumat 29 Mei 2020, 09:05 WIB

Pentingnya Merawat Minat Baca pada Anak

Galih Agus Saputra | Weekend
Pentingnya Merawat Minat Baca pada Anak

Unsplash.com/Johnny McClung
Membaca

 

UNTUK meningkatkan minat dan kecintaan membaca anak Indonesia sejak usia dini, Pegiat Literasi, Elvera N. Makki menggagas berdirinya sebuah gerakan beranama 'Taman Baca Anak Lebah'. Menurut perempuan yang juga bekerja di sektor perbankan itu, rendahnya minat literasi di kalangan umum telah mempengaruhi banyak hal terutama kesiapan seseorang di dunia kerja.

Hal itu pula yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa 'Taman Baca Anak Lebah' didirikan pada 2009. Elvera yang juga akrab disapa Vera itu mengatakan, kesenjangan minat baca anak Indonesia cukup terlihat jika dibandingkan dengan beberapa negara tetangga.

"Jadi, di kalangan rekan-rekan dari berbagai company, kita sering berdiskusi, dari India, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, itu kita kadang suka kalah kalau ngomong. Bukan berarti kita kalah dalam hal pemikiran, tapi dalam hal menyampaikan atau cara berkomunikasi," katanya dalam siaran langsung di Instagram @5untukindonesia, Kamis (21/5).

Akan tetapi, Vera mengatakan bahwa masalah seperti itu sebenarnya dapat diatasi dengan cinta membaca atau seperti istilah yang disebutnya yaitu 'the love of reading a book'. Mencintai kegiatan membaca, terutama sejak dini, kata dia, akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. “Gaya bicaranya dapat terstruktur, pun diikuti dengan logika yang runut atau tidak lompat-lompat,” ujarnya.

Salah satu contoh kasus, menurut Vera, dapat dilihat dari berbagai pengalamannya ketika tinggal di Houston, Texas, Amerika Serikat. Sepanjang pengalaman tersebut, Vera mengaku sering melihat bagaimana antusias anak-anak di kawasan itu terhadap buku. Bahkan, tak jarang pula dari mereka yang menghabiskan waktu di toko buku.

"Di sana banyak banget anak yang keleleran di toko buku. Bapak-Ibunya ngopi, anaknya nyaman, aman di sana. Mereka bisa buka buku apa saja, ada pojok baca, dan itu tidak hanya terjadi di satu store. Hampir semua book store seperti itu," imbuhnya.

Menurut Vera, tumbuh kembang anak seharusnya diiringi dengan bacaan yang disesuaikan dengan rentang usianya. Misalnya, dari usia tiga hingga empat tahun, empat hingga lima tahun, lima hingga enam tahun dan seterusnya. (M-4)

Baca Juga

Dok. Tasya Julia

Menempa Percaya Diri di Wadah IPM

👤Tasya Julia - PPM Al Kautsar Muhammadiyah Harau, Sumatra Barat 🕔Minggu 25 September 2022, 14:16 WIB
IPM hampir menyerupai OSIS di sekolah non-Muhammadiyah. Bedanya, IPM memiliki jenjang mulai dari tingkat ranting, tingkat daerah, cabang,...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Koruptor

👤M. Tyok 🕔Minggu 25 September 2022, 05:55 WIB
RAKUS, pencuri, licik, kotor,...
Butet K

Bung Sentil: Turun Gunung

👤Butet K 🕔Minggu 25 September 2022, 05:35 WIB
YANG hidupnya di puncak gunung tuh biasanya jagoan membaca tanda-tanda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya