Selasa 17 Januari 2023, 17:37 WIB

Wajah Lama Masih Muncul Ingin Jadi Pengurus PSSI Lagi

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Wajah Lama Masih Muncul Ingin Jadi Pengurus PSSI Lagi

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketum Iwan Budianto, dan Sekjen Yunus Nusi bersama Menpora Zainudin Amali.

 

KOMITE Pemilihan (KP) PSSI telah mengumumkan lebih dari 100 nama yang bakal calon yang mendaftar di Komite Eksekutif (exco) PSSI periode 2023-2027. Nama dan wajah lama yang pernah menjabat sebagai exco masih menghiasi untuk menjadi pengurus baru.

Ketua KP PSSI Amir Burhannudin menyebut total ada lima orang yang mencalonkan diri sebagai ketua umum, 20 orang bakal calon wakil ketua umum, dan 83 orang bakal calon anggota exco.

Di posisi bakal calon ketua umum, lima nama yang bersaing untuk menggantikan posisi Mochamad Iriawan yakni LaNyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir, dan Fary Djemy Francis. Dari lima nama tersebut, hanya Erick Thohir dan Doni Setiabudi yang belum pernah masuk dalam daftar calon tetap Ketum PSSI.

LaNyalla pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI pada 2015. Sementara Arif Putra Wicaksono yang merupakan CEO Nine Sport pernah menjadi calon Ketum PSSI periode 2019-2023. Fary Djemy Francis juga pernah mencalonkan diri menjadi ketum PSSI 2019-2023. Selain itu, ia pernah menjadi pengurus PSSI pusat periode 2016-2020 dan menjadi Ketua Departemen Sport Inteligent PSSI.

Sedangkan di posisi bakal calon Waketum PSSI, ada nama mantan Sekjen PSSI Ratu Tisha yang juga merupakan muka lama di kepengurusan PSSI. Yang menarik, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali ikut bersaing.

Adapun wajah lama yang kembali mencalonkan ialah Ahmad Riyadh, Iwan Budianto, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Rahman, dan Hasani Abdulgani yang merupakan Anggota Exco PSSI 2019-2023. Ada pula Yunus Nusi yang kini menjabat Sekjen PSSI turut bersaing.


Baca juga: Iwan Budianto Minta KP Hapus Namanya sebagai Bakal Calon Exco PSSI


Munculnya nama Iwan Budianto sontak menjadi pertanyaan. Sebelumnya, Direktur Utama Arema FC itu secara terbuka menyatakan tidak ingin dicalonkan atau mencalonkan diri menjadi Exco PSSI 2023-2027. Pihak KP PSSI masih melakukan verifikasi apakah yang bersangkutan dicalonkan atau kembali mencalonkan diri.

Selain itu, dua mantan pemain tim nasional Indonesia yakni Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman turut meramaikan persaingan bakal calon Waketum PSSI.

Dari 83 orang bakal calon anggota exco, muka lama juga kembali muncul. Mereka ialah Ahmad Riyadh, Hasnuryadi Sulaiman, Sonhadji, Pieter Tanuri, Vivin Cahyani, Hasani Abdulgani, dan Juni Rahman. Dalam daftar itu, nama Yunus Nusi juga muncul.

"Setelah tahap penyampaian berkas pendaftaran kandidat. Komite Pemilihan akan bekerja melakukan verifikasi kelengkapan dokumen para kandidat serta dukungan calon. Verifikasi ini penting agar selanjutnya disampaikan kepada para kandidat dan pengusung untuk melengkapinya," kata Ketua KP PSSI.

KP hanya memiliki waktu satu bulan untuk menjalani semua tahapan sampai Kongres Luar Biasa (KLB) digelar pada 16 Februari 2023. Setelah dilakukan verifikasi, KP akan menyampaikan informasi kepada anggota PSSI serta bakal calon Exco PSSI terkait kekurangan kelengkapan dokumen pada 19 Januari 2023.

"Selanjutnya mulai 19 sampai 21 Januari 2023, para bakal calon dan pengusung dapat melengkapi dokumen kekurangannya langsung ke KP PSSI. Kami mengajak para kandidat dan pengusung untuk memanfaatkan waktu ini untuk melengkapinya agar lolos ke tahap selanjutnya," jelas Amir. (OL-16)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Raisan Al farisi

Luis Milla tak Ingin Persib Bandung Tergelincir

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:12 WIB
Di bawah asuhan Luis Milla, Persib sudah melalui 14 laga tanpa kekalahan dan menunjukkan permainan apik serta...
ANTARA/Aprillio Akbar

IGK Manila Akui Erick Thohir bukan Orang Baru di Sepak Bola Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:07 WIB
Selain memiliki pengalaman yang panjang di sepak bola Indonesia, Erick juga satu-satunya anak bangsa yang punya pengalaman mengurus sepak...
AFP/KHALED DESOUKI

Los Blancos Menatap Gelar Juara Dunia Kelima

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:40 WIB
Madrid mencapai final Piala Dunia Antarklub dengan kemenangan 4-1 atas wakil Mesir, Al Ahly, Kamis (9/2) dini hari, berkat gol Vinicius...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya