Selasa 01 November 2022, 09:45 WIB

Survei : PSSI Dinilai Lamban Tangani Tragedi Kanjuruhan

Mediaindonesia.com | Sepak Bola
Survei : PSSI Dinilai Lamban Tangani Tragedi Kanjuruhan

Dok. Football Institute
Footbal Institte dan Perpri memaparkan hasil survei mengenai Persepsi Fans Sepak Bola Nasional Terhadap Kondisi Sepak Bola Nasional

 

SURVEI persepsi publik, khususnya fan sepak bola Indonesia yang dilakukan Football Institute menunjukkan sebanyak 47% responden berpendapat PSSI lamban dalam menangani tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa, sementara 24.7% responden menilai PSSI Sangat Lamban. sementara yang berpendapat responsif ada di posisi terbawah dengan 3,0%. 

Survei bertajuk Persepsi Fans Sepak Bola Nasional Terhadap Kondisi Sepak Bola Nasional yang dilakukan pada 15-21 Oktober itu juga menunjukkan 8,1% responden menilai PSSI lempar tanggung jawab dan menyalahkan pihak lain. 19,1% memilih Lamban dalam penanganan dan 12,6% memilih kurang profesional dalam bicara kepada publik.

Sementara hasil survei terhadap kepemimpinan Mochamad Iriawan di PSSI menunjukkan 32,1% dengan penilaian Biasa-Biasa Saja. Tertinggi kedua dengan penilaian Tidak Memuaskan mendapat penilaian supporter sebanyak 27,6%. Sementara responden yang menilai Sangat memuaskan ada di peringkat terbawah dengan 1,2% responden. 

"Kami serahkan kepada presiden semua hasil survey ini. Harapan kami, tentu saja agar Presiden bisa membaca hasil survei, terkait sikap suporter pada peristiwa Kanjuruhan," kata Budi Setiawan, Founder Football Institute dalam diseminasi survei tersebut.

Budi menyebutkan, dari hasil survei tersebut juga mencerminkan adanya desakan publik agar PSSI segera melakukan kongres luar biasa (KLB) untuk melakukan re-organisasi. Disebutkan Budi, saat ini beredar sejumlah nama yang digadang-gadang publik punya kapabilitas memimpin PSSI, diantaranya Erick Thohor, Hary Tanoesoedibjo, dan Ahsanul Qosasih.

Baca juga : Exco PSSI: Percepatan KLB Demi Kemanusiaan

"Tiga orang itu punya profil yang bagus. Namun jika ada nama-nama lain dan lebih berkompeten, silakan saja," tambah Budi.

Tentang Erick Thohir, Budi menilai pria yang kini Menteri BUMN itu tak asing di dunia olahraga baik di tanah air maupun manca negara. Dia punya rekam jejak yang sudah mumpuni.

Erick Thohir juga pernah mengelola klub-klub sepakbola termasuk Inter Milan di Italia dan D.C United di Amerika Serikat.

"Reputasi sepakbolanya sudah teruji, dulu pernah kelola Inter Milan, DC United di AS,  kini Oxford United bersama Anindya Bakrie. Artinya, kalau beliau jadi minimal calon ketum maka syarat punya jaringan nasional dan internasional sudah terpenuhi ditambah dengan pengalamannya, di jaranan olahraga manca negara" papar Budi. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Jelang Laga Kontra Persik, Persija Siap Tampilkan Tim Terbaik

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:39 WIB
Menurut Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll, timnya cukup mempersiapkan pemulihan kondisi fisik jelang laga melawan Persik Kediri di...
Paul ELLIS / AFP

The Three Lions Pantang Bertahan Hadapi Prancis

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:52 WIB
Southgate mengatakan Inggris sekarang adalah tim yang telah berkembang pesat dalam hal mentalitas. Mereka mencapai semifinal Piala...
AFP/FABRICE COFFRINI

Kesolidan Portugal Diuji Singa Atlas

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 16:27 WIB
"Saya akan menggunakan apa yang saya yakini sebagai strategi yang tepat, seperti yang telah saya lakukan sepanjang hidup saya,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya