Senin 31 Oktober 2022, 20:18 WIB

Exco PSSI: Percepatan KLB Demi Kemanusiaan

Mediaindonesia | Sepak Bola
Exco PSSI: Percepatan KLB Demi Kemanusiaan

Antara
PSSI

 

ANGGOTA Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani mengakui ada tekanan kepada pihaknya untuk mempercepat pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) pemilihan petinggi baru PSSI.

"Tekanan pasti ada, tetapi bukan ditekan seperti ditodong pistol," ujar Hasani kepada ANTARA di Jakarta, hari ini.

Dia menegaskan bahwa tekanan tersebut datang dari situasi dan bukan dari pihak-pihak tertentu.

Peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 135 orang dan melukai ratusan lainnya, membuat PSSI berada di posisi mesti melakukan sesuatu atas nama kemanusiaan.

Hal itulah yang membuat Exco PSSI memutuskan untuk menggelar KLB pemilihan lebih awal dari waktu normal yaitu November 2023.

"Sebagai manusia, kami sedih dengan kejadian tersebut. Karena itu, kami (Exco PSSI-red) berpikir, daripada menunggu sampai masa kerja kami habis pada November 2023, lebih baik dipercepat saja biar suasana reda. KLB ini dilakukan untuk kemanusiaan," tutur Hasani.

Baca juga: PSSI Kirim Surat Pemberitahuan KLB ke FIFA Hari ini

PSSI memutuskan untuk mempercepat pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) pemilihan ketua umum serta anggota Exco baru, yang normalnya akan digelar pada November 2023, setelah menggelar rapat darurat pada Jumat (28/10) malam di Kantor PSSI, Jakarta.

Desakan kepada PSSI untuk segera menggelar KLB awalnya datang dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dibentuk Pemerintah Indonesia menyusul terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan.

TGIPF, dalam dokumen yang dikeluarkan pada 14 Oktober 2022 itu, merekomendasikan supaya jajaran Exco PSSI, termasuk Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas jatuhnya ratusan korban, baik meninggal maupun luka-luka, akibat peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

Untuk itu, tim yang diketuai Menkopolhukam Mahfud MD tersebut mengusulkan agar PSSI melaksanakan KLB agar dapat memilih anggota Exco baru, yang di dalamnya termasuk ketua umum dan wakil ketua umum.

KLB pemilihan PSSI tersebut rencananya digelar pada Maret 2023.(Ant/OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Tuntut Keadilan Kasus Kanjuruhan, Aremania Serukan Revolusi PSSI

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 13:44 WIB
Keputusan dilanjutkan Liga 1 ini membuat Aremania turun ke jalan untuk melakukan protes pada, Kamis...
AFP/MAHMUD HAMS

Lupakan Rivalitas, Dunia Arab Dukung Maroko

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 12:30 WIB
Warga Aljazair Omar Babiker mengaku berharap Maroko bisa mencapai babak semifinal meski negaranya memiliki hubungan yang kurang mesra...
AFP/Paul ELLIS

Southgate Pastikan Sterling Terlibat di Laga Kontra Prancis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 11:45 WIB
Sterling tidak tampil di laga 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Senegal setelah kembali ke Inggris karena rumahnya dibobol...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya