Senin 10 Oktober 2022, 13:25 WIB

Disalip Laos, Indonesia Dipastikan Gagal ke Piala Asia U-17

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Disalip Laos, Indonesia Dipastikan Gagal ke Piala Asia U-17

dok.ant
Pesepak bola Tim Nasional U-17 Indonesia menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum melawan Tim Nasional U-17 Malaysia dalam laga Grup B Kualif

 

TIM U-17 Indonesia dipastikan gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023 melalui jalur runner-up terbaik seusai kalah selisih gol dari Laos. Kekalahan telak 'Garuda Asia' 1-5 atas Malaysia di pertandingan terakhir Grup B, Minggu (9/10) malam WIB membuat posisi Indonesia tidak masuk dalam enam runner-up terbaik.

Sesuai regulasi, hanya juara grup dan enam runner-up terbaik yang akan bermain di Bahrain tahun depan. Namun, Garuda Asia yang tampil apik di tiga laga sebelum melawan Malaysia di pertandingan terkahir harus merelakan tiket putaran final. Tim U-17 Indonesia ada diurutan kedua Grup B dengan sembilan poin.

Berdasarkan regulasi, hanya hasil laga dengan tim peringkat tiga terbaik yang dihitung dalam penentuan runner-up terbaik. Maka hanya hasil laga Indonesia lawan Uni Emirat Arab yang menempati urutan ketiga dan pemuncak klasemen Malaysia yang dihitung. Garuda Asia mendapat tiga poin dan selisih gol minus tiga. Indonesia kalah bersaing dengan Laos, yang punya tiga poin dan selisih gol minus dua. Di laga terakhirnya, Laos mampu mengalahkan Kirgistan di Grup I dengan skor 2-1.

Selain Laos, ada Korea Selatan, China, Afganistan India dan Thailand yang lolos melalui jalur runner-up terbaik. Keenam tim ini sama-sama mengumpulkan poin tiga di klasemen. Namun, mereka memiliki selisih gol yang lebih baik dari Indonesia.

Pelatih Tim U-17 Indonesia Bima Sakti mengaku salah melakukan rotasi pemain di babak kualifikasi grup sehingga beberapa bintangnya kelelahan dan gagal tampil maksimal di laga terakhir lawan Malaysia. Dalam empat pertandingan, Bima mengandalkan beberapa nama seperti Arkhan Kaka, Muhammad Kafiatur Rizky, Nabil Asyura, dan Habil Abdillah. Namun keputusan tersebut justru berbuah petaka saat Indonesia kalah dari Malaysia di laga terakhir.

Bima menyebut ada faktor kelelahan pemain karena hanya punya waktu istirahat satu hari sebelum kembali bertanding. "Bisa jadi kelelahan dan kesalahan saya juga lawan Guam harusnya pasang lapis dua, terpikir di babak pertama apa kami ubah satu jam sebelum bertanding karena itu pertandingan pertama buat kami," kata Bima.

Bima Sakti menyampaikan permohonan maaf usai dikalahkan Malaysia. Dia mengaku sedih karena tidak bisa membawa hasil maksimal di laga penentuan melawan Malaysia. Bima berharap anak-anak asuhnya tetap tegar atas hasil mengecewakan ini yang membuat Indonesia gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

"Saya berharap para pemain tidak terpengaruh," kata Bima.

"Saya bilang ke pemain agar bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari turnamen ini untuk mereka ke depan. Karena karier mereka masih panjang. Ini tanggung jawab saya sebagai pelatih," tambahnya. (OL-13)

Baca Juga

AFP/Lindsey Parnaby

Betis Pinjam Perez dari Leicester

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 10:15 WIB
Betis, yang menduduki peringkat enam klasemen La Liga, mengatakan peminjaman Perez akan berlangsung hingga 30 Juni...
Twitter @InterMiamiCF

Inter Miami Datangkan Bek Ukraina

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 10:00 WIB
Kryvtsov, yang menjadi satu-satunya pemain Ukraina yang merumput di MLS, memenangkan delapan gelar Liga Ukraina bersama Shakhtar dan telah...
psv.nl

Eindhoven Pinjam Hazard dari Dortmund

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:45 WIB
PSV mendatangkan Hazard sebagai pengganti Docy Gakpo yang hijrah ke Liverpool dan Noni Madueke yang bergabung dengan Chelsea di jendela...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya