Senin 03 Oktober 2022, 15:45 WIB

Sejumlah Klub Liga 1 Dukung Kompetisi Dihentikan Untuk Cari Solusi

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Sejumlah Klub Liga 1 Dukung Kompetisi Dihentikan Untuk Cari Solusi

AFP/Adek Berry
Massa dari suporter sepak bola Indonesia menyalakan lilin sebagai ungkapan duka atas tragedi Kanjuruhan di Jakarta, Minggu (2/10) malam.

 

SEJUMLAH klub Liga 1 mendukung dihentikannya kompetisi menyusul insiden di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10). PSSI diminta untuk mencarikan solusi terbaik agar kasus serupa tidak terulang.

"Lebih baik memang harus berhenti sementara, buat semua lebih siap dan lebih aman waktu balik pertandingan," kata pelatih Bali United Stefano Cugurra dilansir laman resmi klub.

Penundaan pertandingan ini juga diharapkan bisa membuat seluruh suporter di Indonesia berpikir lebih dewasa. Teco-- sapaan karib Stefano-- menekankan pentingnya memberi dukungan pada keluarga yang ditinggalkan.

Teco menyayangkan peristiwa kelam untuk sepak bola Indonesia ini kembali terjadi. Sebelumnya, saat turnamen pramusim Piala Presiden, dua suporter Persib Bandung juga meninggal dunia setelah kehabisan napas saat berdesakan masuk ke dalam stadion. Kini, saat pekan ke-11 Liga 1 yang mempertemukan dua tim besar dari Jawa Timur, Arema FC melawan Persebaya kembali memakan korban dengan jumlah korban 125 orang meninggal dunia. Teco berharap PSSI mampu mencari solusi agar kejadian serupa tidak terulang.

“Situasi sangat buruk buat nama sepak bola Indonesia di dunia. Tahun ini di Piala Presiden sudah meninggal dua suporter dari Persib. Belum ketemu solusi buat organisasi, di dalam sama di luar stadium lebih bagus tidak terjadi lagi,” kata Teco.

Manajemen PSS Sleman juga mendukung keputusan operator kompetisi untuk menghentikan sementara Liga 1. Keputusan tersebut diharapkan bisa menghasilkan solusi agar penyelenggaraan pertandingan sepak bola Indonesia ke depan berlangsung aman, bersahabat, dan lebih baik.

"Mengenai sanksi dan pemberhentian sementara kompetisi, kami rasa ini adalah yang terbaik untuk saat ini. Jadi kami semua punya kesempatan untuk mengevaluasi dan berbenah," kata Direktur Utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS) Andywardhana dilansir laman resmi klub.

"PSS Sleman mengucapkan turut berbela sungkawa kepada para korban meninggal dunia pasca-tragedi Kanjuruhan semalam. Kami sangat menyesalkan atas kejadian ini dan tentu kita semua harus mengambil hikmah atas kejadian ini," jelas Andy.

Salah satu kelompok PSM Makassar, Red Gank mendukung keputusan Liga 1 dihentikan sebagai bentuk penghormatan untuk para korban. Kendati demikian, mereka meminta agar penghentian kompetisi juga dibarengi dengan penyelesaian atas persoalan yang sering terjadi di Indonesia ini.

"Tragedi ini merupakan sejarah pahit persepakbolaan tanah air, ini harus menjadi menjadi pembelajaran bagi kita semua, baik suporter, operator liga, PSSI dan pihak yang berkepentingan untuk sama-sama menjaga agar kejadian ini tidak lagi terulang ke depan," kata Sekjen Red Gank, Zadat.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mendesak agar  PSSI memperbaiki sistem kompetisi agar tragedi di Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 orang tidak terulang kembali. Dia berharap kejadian tersebut tidak merusak sepak bola nasional. Sebab, menurut dia, sepak bola Indonesia saat ini tengah berkembang.

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, PSSI diminta melakukan evaluasi secara total terhadap sistem saat ini, yang digunakan sebagai cara berkompetisi sehingga akan dapatkan cara terbaik, para pemain bisa main tenang, dan penonton nyaman menonton," kata Zainudn. (OL-13)

Baca Juga: Menteri Kesehatan: Jangan Hanya Menpora yang Paham Regulasi FIFA

Baca Juga:  Pertandingan PSIS Melawan Bhayangkara FC di Jatidiri Ditunda

Baca Juga

AFP/Juan Mabromata

Argentina tak Anggap Remeh Australia

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:14 WIB
"Bila Anda berpikir Australia akan mudah, Anda salah karena mereka telah menunjukkan lolos melawan tim tangguh di Piala Dunia...
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Dimas Drajad Cedera, PSSI Panggil Spasojevic ke Timnas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:02 WIB
"Saya mendapatkan kesempatan lagi dan saya percaya saya bisa menjawab kepercayaan coach Shin...
ISSOUF SANOGO / AFP

Terdampar di Dasar Klasemen, Kamerun Tetap Pede Bakal Taklukkan Selecao

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 16:19 WIB
Mengalahkan Brasil ibarat harus mendaki gunung yang tinggi, namun Song menegaskan timnya ingin lolos ke fase gugur untuk pertama kalinya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya