Minggu 02 Oktober 2022, 13:03 WIB

Presiden: Tragedi Kanjuruhan Jangan Terulang Lagi

Andhika Prasetyo | Sepak Bola
Presiden: Tragedi Kanjuruhan Jangan Terulang Lagi

ANTARA
Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo sangat menyayangkan tragedi kemanusiaan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10). Ia menegaskan tidak boleh ada lagi peristiwa kelam serupa terjadi dalam dunia persepakbolaan Indonesia.

"Saya menyesalkan terjadinya tragedi ini. Saya berharap ini adalah tragedi terakhir di sepakbola Tanah Air. Jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti ini di masa yang akan datang," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/10).

Baca juga: Presiden Perintahkan Kapolri Lakukan Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Kerusuhan di stadion yang mengakibatkan 129 orang meninggal dunia itu, sambung Kepala Negara, seharusnya tidak terjadi jika seluruh pihak bisa menjunjung tinggi sportivitas dan menjaga rasa persaudaraan sebagai sesama warga negara Indonesia.

"Sportivitas, rasa kemanusiaan, dan rasa persaudaraan bangsa Indonesia seharusnya terus kita jaga bersama," tegasnya.

Presiden pada kesempatan tersebut juga menyampaikan duka cita mendalam atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, yang menyebabkan 129 orang meninggal dunia.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang, saudara-saudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/10). 

Kepala negara juga telah memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadiki dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk memonitor proses pelayanan medis bagi para korban yang sedang dirawat di rumah sakit.

"Saya minta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur memonitor layanan medis bagi para korban yang sedang dirawat supaya mendapatkan pelayanan terbaik," tuturnya. (OL-6)

Baca Juga

AFP

Jelang Laga Kontra Ghana, Korsel Harus Tampil Lebih Klinis

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 27 November 2022, 14:34 WIB
Ghana sama sekali tidak boleh dianggap remeh oleh Korea Selatan. Pasalnya, skuad asuhan Otto Addo berhasil membuat Portugal jatuh bangun di...
AFP

Swiss Tak Gentar Nama Besar Brasil

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 27 November 2022, 12:55 WIB
BEK Timnas Swiss Nico Elvedi mengatakan bahwa timnya tidak gentar dengan kekuatan serta kualitas Brasil saat kedua tim bertemu dalam...
dok.AFP

Kecemerlangan Mbappe Janganlah Segera Berakhir

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 27 November 2022, 11:45 WIB
DUA gol Kylian Mbappe dalam kemenangan 2-1 atas Denmark, Sabtu (26/11) malam WIB menjawab kekhawatiran Prancis yang dilanda badai cedera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya