Selasa 27 September 2022, 10:46 WIB

Harry Kane: Inggris Ada di Jalur yang Tepat Menuju Qatar

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Harry Kane: Inggris Ada di Jalur yang Tepat Menuju Qatar

AFP
Kapten Inggris Harry Kane

 

Kapten Inggris Harry Kane menilai timnya berada di jalur yang tepat menuju Piala Dunia Qatar 2022 setelah bermain imbang 3-3 dengan Jerman pada laga pamungkas Grup A3 UEFA Nations League di Stadion Wembley, London, Selasa (27/9) dini hari WIB. Meski hasil itu menambah catatan The Three Lions--julukan Inggris--tidak pernah menang dalam enam pertandingan di fase grup, Kane menilai para pemain memiliki mentalitas yang baik sebelum berlaga di Qatar November mendatang.

Jerman sempat memimpin 2-0 lewat penalti Ilkay Gundogan di menit ke-52 dan gol Kai Havertz pada menit 65. Tapi Inggris mampu mengejar dan membalikkan keadaan. Luka Shaw dan Mason Mount menyamakan kedudukan dengan gol-gol mereka di menit ke-72 dan 75 sebelum penalti Harry Kane membawa Inggris berbalik memimpin 3-2 di menit ke-83. Sekitar tiga menit menjelang waktu normal berakhir, tim tamu menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Havertz.

"Mentalitas dan perjuangan tim ditunjukkan di laga ini. Kami memang tidak mendapatkan kemenangan, tetapi kami bangga dengan apa yang kami lakukan dan itu menempatkan kami di tempat yang baik menjelang Piala Dunia," kata Kane yang hanya terpaut dua gol dari rekor 53 gol Wayne Rooney untuk timnas Inggris.

"Sekarang kami memiliki enam pekan yang sibuk sebelum kami melakukan persiapan untuk Piala Dunia," ujar striker berusia 29 tahun itu.

Meskipun mampu mendulang satu poin, Inggris sudah dipastikan degradasi ke Liga B UEFA Nations League musim depan. Dari enam pertandingn di Grup A3, The Three Lions tidak mampu memetik kemenangan dari rival-rivalnya, Italia, Hungaria, dan Jerman. Anak asuh Gareth Southgate hanya mampu mendulang tiga poin hasil dari tiga kali imbang.

Hasil itu membuat Gareth Southgate berada di bawah sorotan jelang turnamen sepak bola terakbar sejagad berlangsung. Inggris bahkan tidak mencetak gol dari permainan terbuka pada lima pertandingan pembuka mereka di Grup A3. Tetapi, Kane yakin mereka akan mengatasi tekanan itu dalam beberapa pekan.

"Turnamen sepak bola besar berbeda dengan sepak bola lain yang anda mainkan untuk Inggris. Tekanannya tinggi dan konsentrasinya harus tinggi dan saya merasa kami merespons dengan baik. Kami telah meningkatkan permainan kami seperti yang kami lakukan di dua turnamen besar terakhir," kata Kane.

Pelatih Inggris Gareth Southgate mengaku puas atas hasil imbang melawan Jerman. Menurutnya, anak asuhnya telah berkembang dari laga-laga sebelumnya. Mentalitas pemain yang ditunjukan di laga itu juga membuktikan Inggris akan terus berkembang sebelum Piala Dunia 2022.

"Mereka benar-benar meningkat minggu ini, komunikasinya baik. Ada beberapa kepemimpinan yang luar biasa dan kami membutuhkan itu. Tim harus benar-benar kuat di ruang ganti mereka sendiri dan para pemain kami telah melakukannya minggu ini," kata Gareth Southgate.

Pelatih Jerman Hansi Flick memiliki daftar panjang masalah yang harus dipecahkan jika pemenang Piala Dunia empat kali itu ingin menantang untuk lebih sukses di Qatar nanti. Dari enam laga di UEFA Nations League, Der Panzer--julukan Jerman-- baru menang sekali, empat kali laga berakhir imbang dan sekali kalah.

Pemain Jerman Ilkay Gundogan menilai timnya harus bisa mengevaluasi kesalahan seperti yang terjadi di laga melawan Inggris. Sempat unggul dua gol, tim lawan bahkan bisa membalikan keadaan sebelum skor menjadi imbang 3-3. Gundogan mengatakan tujuan mereka ke Qatar adalah untuk mencapai final.

"Bukan tidak realistis. Tentu saja, banyak yang harus disatukan. Saya tidak melihat tim yang jauh di depan. Kami telah menunjukkan dalam waktu yang lama bahwa kami dapat melakukannya di level tertinggi. Kami harus mencoba melakukannya selama 90 menit. Di Piala Dunia Anda memiliki lebih sedikit peluang untuk membuat kesalahan daripada hari ini," kata Gundogan. (AFP/Theguardian/OL-12)

Baca Juga

AFP/MANAN VATSYAYANA

Polandia Akhiri Perlawanan Sengit Saudi, Lewandowksi Unjuk Gigi

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:28 WIB
Dengan kemenangan melawan Arab Saudi, kini Polandia sudah mengantongi 4 poin dan memimpin klasemen grup...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Menikmati Kegembiraan Pesta Bola di Taman Tertua Qatar

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 22:48 WIB
Sejarah lokal menyebutkan bahwa Al Bidda Park, yang dulunya bernama Al Rumailah Park, bahkan muncul dalam catatan pada...
AFP/NELSON ALMEIDA

Kabar Buruk bagi Selecao, Neymar dan Danilo Absen Lawan Swiss

👤Anton Kustedja 🕔Sabtu 26 November 2022, 22:00 WIB
Selecao --julukan Brasil-- dan Swiss akan saling berhadapan pada 28 November di Stadion 974, Doha. Kedua tim memimpin klasemen grup dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya