Minggu 11 Juli 2021, 06:25 WIB

Southgate Minta Inggris Bermain Seperti Biasa di Final Piala Eropa

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Southgate Minta Inggris Bermain Seperti Biasa di Final Piala Eropa

AFP/UEFA
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate

 

MANAJER timnas Inggris Gareth Southgate meminta tim asuhannya fokus mereproduksi penampilan mereka di sepanjang Piala Eropa 2020 saat laga final, Senin (12/7) dini hari WIB nanti, melawan Italia dan tidak terjebak dalam emosi.

Inggris belum pernah memenangkan turnamen besar sejak menjuarai Piala Dunia 1966 dan negara itu di ambang mengakhiri penantian tersebut.

Italia tidak terkalahkan dalam 33 pertandingan terakhir mereka dan merupakan lawan terberat yang dihadapi Inggris dalam turnamen ini. Meski begitu, Southgate menyatakan tidak perlu mengubah pendekatan mereka untuk pertandingan di Wembley nanti.

Baca juga: Verratti Bertekad Buktikan Diri di Final Piala Eropa

"Ini belum tentu soal melakukan hal yang lebih baik. Kuncinya adalah mencapai level normal Anda. Banyak tim di laga final malah berakhir dengan performa buruk," kata dia dalam konferensi pers.

"Ini soal mentransfer apa yang Anda lakukan di lapangan latihan ke dalam pertandingan. Pertandingan ini kini adalah tantangan taktis yang berbeda dan kami harus menyiapkan diri menghadapinya dengan baik," lanjut Southgate..

Southgate mengatakan timnya mesti menghormati lawan tapi fokus kepada kekuatan mereka sendiri.

"Ada pemain-pemain fantastis dalam tim Italia. Mereka memiliki rencana taktis yang bagus, pelatih yang berpengalaman, dan dalam performa yang luar biasa bagus," kata dia.

"Kami memiliki kekuatan sendiri. Kami sudah berusaha bermain dengan kekuatan kami dan kami mesti melakukan hal yang sama esok," imbuhnya.

Southgate mengakui sudah memikirkan prospek menjuarai turnamen ini tapi menyatakan penting sekali pemain-pemainnya dalam menyingkirkan rencana perayaan kemenangan dari pikiran mereka.

"Dalam pikiran Anda, Anda selalu harus memiliki sedikit visi mengenai bagaimana Anda ingin melihat akhir laga dan memainkannya. Namun kenyataannya adalah Anda harus fokus kepada proses dan fokus kepada kinerja dan itulah yang selalu kami lakukan bersama tim ini," kata Southgate.

"Penting bagi pemain memiliki pemahaman soal itu. Apa pun jalan yang diambil dalam laga nanti itu, mereka sudah siap dan mereka akan siap.
Jika Anda sudah memikirkan akhir pertandingan maka Anda mungkin menuju ke arah yang salah dan kami cuma harus agak mengendalikan hal yang bisa kami kendalikan," tambahnya.

Kapten timnas Inggris Harry Kane sepakat Inggris harus tetap tenang meskipun tingkat kegembiraan di negara itu tengah sangat tinggi.

"Tentu saja ada tingkat kegembiraan dan antisipasi ekstra, tetapi itu semua adalah bagian tak terpisahkan dari bermain dalam turnamen besar," kata Kane.

"Kebayakan dari kami sudah bermain pada level tertinggi selama karier klub kami. Beberapa dari kami berkesempatan bermain dalam Piala Dunia beberapa tahun lalu, jadi ini hanya soal tetap tenang dan sesantai mungkin dan cuma menantikan di luar sana dan menikmati momen sebisa Anda," pungkas Kane. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara

PSS Sleman Berjaya Tekuk Barito Putera di Kandang

👤Ant 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 22:07 WIB
PSS Sleman yang menurunkan empat pemain asingnya mengambil inisiatif...
AFP

Newcastle Belum Berencana Pecat Steve Bruce

👤Ant 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 21:36 WIB
Bruce dirumorkan akan dipecat setelah Newcastle United jadi klub kaya baru setelah diambil alih konsorsium Arab...
AFP

Guardiola Terkejut Dengan Keinginan Sterling Tinggalkan Manchester City

👤Widhoroso 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 21:09 WIB
PERNYATAAN terbuka Raheem Sterling soal keinginannya meninggalkan Manchester City, membuat Pep Guardiola...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya