Rabu 30 Juni 2021, 06:15 WIB

Southgate Sebut Wembley Suntikkan Energi bagi Timnas Inggris

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Southgate Sebut Wembley Suntikkan Energi bagi Timnas Inggris

AFP/JUSTIN TALLIS
Para pendukung timnas Inggris merayakan kemenangan tim pujaan mereka atas Jerman di 16 besar Piala Eropa di Stadion Wembley.

 

GARETH Southgate menyatakan atmosfer yang tercipta di Stadion Wembley, Selasa (29/6), mampu menyuntik energi bagi tim nasional Inggris yang menaklukkan Jerman 2-0 dalam laga 16 besar Piala Eropa 2020.

"Ini hasil yang luar biasa. Inggris tidak pernah mengalahkan Jerman dalam pertandingan babak gugur sejak final Piala Dunia 1966 di sini," kata Southgate selepas laga dikutip dari laman resmi UEFA.

Energi yang disuntikkan publik Wembley berhasil disalurkan Raheem Sterling dan Harry Kane yang mencetak gol kemenangan Inggris.

Baca juga: Loew Optimistis Jerman akan Mencapai Puncak pada Piala Eropa 2024

Lini tengah dan belakang Inggris juga mampu meredam ancaman Jerman. Bahkan, kiper Jordan Pickford berhasil mementahkan tembakan Timo Werner dan Kai Havertz serta mengintimidasi Thomas Mueller dalam situasi satu lawan satu.

Southgate kemudian menyatakan bahwa meski tidak sampai separuh dari kapasitas 90 ribu penonton Wembley terisi, atmosfer di laga kontra Jerman melampaui ketika stadion itu terisi penuh.

"Saya pernah berada di sini dengan kapasitas penuh dan rasanya tidak mendapat atmosfer setingkat hari ini. Mereka berada di belakang para pemain untuk setiap upaya merebut bola, mengawal lawan, dan setiap pergerakan pemain kami," katanya.

"Energi sangat luar biasa di stadion dan bisa mengantarkan mereka pulang dengan perasaan segembira ini. Juga mengetahui jutaan orang lainnya, setelah tahun yang sulit, bisa mendapat kenikmatan yang kami berikan hari ini sangatlah luar biasa," tambah Southgate.

Secara pribadi, bagi Southgate, kemenangan ini juga menjadi ajang penuntasan kekecewaan yang ia rasakan ketika gagal mengeksekusi penalti
dalam semifinal Piala Eropa 1996 melawan Jerman di tempat yang sama.

Inggris, selanjutnya, akan menghadapi Ukraina  di babak perempat final Piala Eropa di Roma, Sabtu (3/7) nanti. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Julian Nagelsmann Absen Dampingi Munchen Akibat Positif Korona

👤Ant 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:16 WIB
Ia tidak bisa memimpin timnya saat menang 4-0 melawan Benfica dalam pertandingan Liga...
AFP

Benzema Tertarik Akhiri Karier Di MLS

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 22:55 WIB
Karim Benzema mengatakan dirinya suka Amerika Serikat. Ia menilai kompetisi sepak bola di Amerika Serikat semakin...
AFP

Hati Ansu Fati Berada Di Barcelona

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 22:16 WIB
BINTANG muda Spanyol, Ansu Fati baru saja memperbarui kontraknya di Barcelona. Fati berkomitmen hingga 2027 dan dengan klausul pelepasan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya