Senin 21 Juni 2021, 04:31 WIB

Southgate Pastikan Harry Kane Tetap Main Lawan Ceko

Mediaindonesia.com | Sepak Bola
Southgate Pastikan Harry Kane Tetap Main Lawan Ceko

ANTARA
Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate (kiri) menyambut kapten Harry Kane (kanan).

 

GARETH Southgate memastikan kapten tim nasional Inggris Harry Kane akan tetap bermain melawan Republik Ceko dalam laga pemungkas Grup D Euro 2020 di Wembley, London, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Pernyataan itu menjadi langkah yang tidak biasa bagi Southgate, terlebih Kane belakangan ini mendapat kritik deras karena dinilai tidak tampil baik saat Inggris mengalahkan Kroasia 1-0 dan ditahan imbang 0-0 oleh Skotlandia.

Baca juga: Ukraina Butuh Seri untuk Lolos, Shevchenko: Kami incar Menang

"Anda bisa berasumsi demikian. Tentu saja, saya tidak peduli membocorkan ini," kata Southgate kepada ITV saat ditanya apakah Kane akan main lawan Ceko, Minggu malam tadi.

Kane tidak tampil 90 menit penuh dalam laga kontra Kroasia maupun Skotlandia, tetapi Soutgate menegaskan bahwa langkah itu ditempuhnya bukan karena performa sang kapten, tetapi alasan-alasan lain.

"Di satu pertandingan kami sudah unggul dan butuh tenaga segar untuk tetap bisa menekan, menjaga keunggulan dan secara rasional tidak butuh gol tambahan," kata Southgate merujuk pertandingan kontra Kroasia.

"Di Piala Dunia 2018, kami berakhir terlalu banyak memainkan Harry dan seharusnya bisa mengelola kebugarannya lebih baik lagi sekarang.

"Kami punya banyak pilihan bagus di bangku cadangan, tapi dia adalah pemain terpenting kami, tidak ada keraguan soal itu. Anda hanya perlu melihat rekor golnya bersama kami untuk melihat perannya di tim ini.

"Dia sangat penting, bukan hanya golnya, tetapi juga perannya membantu membangun serangan serta hal-hal lain yang dibawanya ke tim ini," ujar Southgate panjang lebar.

Southgate mengakui bahwa ia sadar Kane saat ini tengah dihujani gelombang kritik yang deras, tapi meyakini penyerang Tottenham Hotspur itu bakal menjawabnya dengan gol-gol penting.

"Saya tahu ada banyak pertanyaan tentang dia saat ini, tapi hal itu sudah dialaminya 100 kali," katanya.

"Saya punya jawaban bahwa di posisi ini hal itu wajar dan dia menjawabnya dengan gol-gol yang membuat kami memenangi laga-laga selanjutnya dan saya berharap hal yang sama," tutup Southgate.

Inggris di atas kertas hanya butuh hasil imbang kontra Ceko untuk bisa lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D. (Ant/OL-6)
 

Baca Juga

AFP/Ina Fassbender

Rose Tegaskan Tekad Antar Dortmund Menang di Markas Ajax

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 09:15 WIB
Dortmund mempunyai modal sebagai satu-satunya tim Jerman yang pernah menang saat melawat ke Johan Cruijff Arena dalam pertandingan...
AFP/MIGUEL MEDINA

Leao Sebut Laga AC Milan Kontra Porto Bak laga Final

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 08:00 WIB
Kedua tim memasuki laga dengan catatan tanpa pernah menang di dua pertandingan sebelumnya dan sama-sama memburu tiga poin untuk menjaga asa...
AFP/Paul ELLIS

Klopp Pastikan Belajar Banyak dari Dua Pertemuan Terakhir dengan Atletico

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 06:45 WIB
Liverpool terakhir kali bertemu Atletico di babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 dengan The Reds kalah 0-1 di Wanda Metropolitano dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya