Selasa 17 Januari 2023, 14:21 WIB

PKS, NasDem, Demokrat Harus Duduk Bersama Tentukan Pendamping Anies

Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum
PKS, NasDem, Demokrat Harus Duduk Bersama Tentukan Pendamping Anies

MI/Adi Maulana Ibrahim.
Juru Bicara PKS Muhammad Kholid.

 

PEMBENTUKAN bakal Koalisi Perubahan terkendala calon wakil presiden (cawapres). Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai NasDem dan Demokrat harus duduk bersama-sama menentukan pendamping bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan. 

"Kami memandang bahwa PKS, Nasdem, dan Demokrat harus sama-sama duduk bersama, membahasnya dengan terbuka, rendah hati, rasional, dan objektif," kata juru bicara (jubir) PKS Muhammad Kholid saat dihubungi, Selasa (17/1). Menurut dia, penentuan cawapres harus memenuhi visi politik kebangsaan dan kenegaraan. 

Jika berpatokan pada visi tersebut, ketiga partai itu diyakini bakal menemui sosok terbaik yang bakal mendampingi Anies. "Kalau visinya ialah politik kebangsaan, politik kenegaraan, setiap pihak dalam anggota koalisi perubahan akan menemukan titik temu yang terbaik," ungkap dia.

Selain itu, dia menyampaikan PKS memiliki syarat yang harus dimiliki pendamping Anies, yakni memiliki kapasitas menang yang tinggi. "Ini (kapasitas menang) bisa kita uji bersama-sama secara objektif," sebut dia.

Syarat lain yaitu cawapres memiliki kapasitas untuk memimpin pemerintahan. Selanjutnya, cawapres bisa memperkuat rasa persatuan dan kebersamaan baik dalam koalisi maupun kapasitas mempersatukan bangsa.

Tak kalah penting, sosok cawapres nanti harus memiliki hubungan kuat dengan Anies. Dengan demikian, kedua tokoh yang diusung memiliki kecocokan yang tinggi. "Di sinilah harus kita ramu bersama-sama dengan pikiran yang jernih agar dapat format terbaik," ujar dia. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Ikadin Jakbar

Ikadin Jakbar Komit Pertahankan Wadah Tunggal Advokat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:29 WIB
Wacana multibar yang digaungkan sejumlah pihak adalah sebuah langkah mundur karena tidak ada satu pun di dunia ini menganut sistem...
Ist

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:58 WIB
Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja...
ANTARA

Soal Cawapres, Pilihan PPP Mengerucut Pada Sosok Erick Thohir

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:53 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini PPP masih dalam tahap penyaringan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya