Senin 16 Januari 2023, 19:37 WIB

Mahfud Kirim Tim Dalami Kerusuhan di PT GNI Morowali Utara

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Mahfud Kirim Tim Dalami Kerusuhan di PT GNI Morowali Utara

Antara
Menko Polhukam Mahfud MD

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengaku telah mengirim tim untuk mendalami kerusuhan yang terjadi di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1).

"Saya sudah utus tim untuk mendalami ini dan segera memberikan laporan yang paling update kepada saya," ujar Mahfud di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/1).

Ia mengatakan kementerian dan lembaga terkait juga sudah bergerak untuk melakukan penanganan.

"Kalau substansinya menyangkut Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Investasi. Kalau soal keamanan biar polisi," tuturnya.

Dalam kesempatan berbeda, Kapolri Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa pihaknya sudah menangani bentrokan yang terjadi di area pabrik milik PT Gunbuster Nickel Industri (GNI).

Saat ini, aparat sudah menangkap 71 orang yang diduga terlibat dan melakukan pengrusakan serta memicu bentrokan. Sebanyak 17 di antara mereka telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Peristiwa tersebut sudah bisa diatasi oleh kepolisian. Beberapa pelaku pengrusakan saat ini sudah diamankan, jumlahnya ada 71 orang. Sebanyak 17 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka," ujar Listyo.

Lokasi kejadian dan area sekitar pun sudah mendapat pengawalan petugas keamanan. Listyo menyebut telah menurunkan 548 anggotanya dan akan ditambah lagi 2 satuan setingkat kompi (SSK) Brimob dari pusat.

Dengan situasi yang kian kondusif dan penjagaan yang ketat, GNI pun akan memulai kembali kegiatan operasionalnya pada Selasa (17/1). (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Panglima Yudo: TNI-Polri Harus Berantas Praktik Ekspor dan Tambang Ilegal

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:24 WIB
PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan TNI-Polri harus bersinergi memberantas praktik ekspor dan tambang...
ANTARA

MK Belum Bisa Pastikan Kapan Gugatan soal Sistem Pemilu Diputus

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:54 WIB
Pihak MK belum dapat memastikan ada atau tidaknya sidang lanjutan. Pasalnya hal itu akan diputuskan oleh Mahkamah dalam sidang...
DOK pribadi.

Tahun Politik, Sejumlah Anggota DPR dan DPD Raih Penghargaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:35 WIB
Calon legislator atau senator harus dapat menjalankan personal branding untuk menunjukkan kepada konstituennya tentang karakter dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya