Senin 09 Januari 2023, 20:59 WIB

KY Didesak Periksa Wanita Perekam Hakim Wahyu Saat Curhat Kasus Sambo

Mediaindonesia | Politik dan Hukum
KY Didesak Periksa Wanita Perekam Hakim Wahyu Saat Curhat Kasus Sambo

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Majelis hakim kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo.

 

KOMISI Yudisial (KY) didorong memeriksa wanita yang diduga menemani Wahyu Imam Santoso, Ketua Majelis Hakim Persidangan Kasus Pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (J).

Pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengklarifikasi video tersebut meski pembicaraan tersebut dinilai berada dalam ranah privasi.

"Namun karena video pembicaraan Hakim Wahyu di-share ke medsos dan menjadi viral saat ini, itulah yang harus diklarifikasi oleh keduanya," kata anggota Komisi III DPR Santoso melalui keterangan tertulis, hari ini.

Politikus Partai Demokrat itu menilai KY harus melakukan penyelidikan. Sebab, hal itu merupakan tugas pokok dan fungsi KY menentukan polemik video hakim Wahyu melanggar kode etik atau tidak.

"Atas kejadian itu, Komisi Yudisial punya kewajiban untuk melakakukan investigasi karena itu adalah ranahnya," ungkap dia.

Baca juga: Wakil Ketua MA: Pemberatan Hukuman Koruptor 30,36%, Pengurangan 14,29%

Selain itu, Santoso mengingatkan para pengadil dapat menjaga sikapnya. Menurut dia, perlu dilakukan revolusi mental untuk para hakim agar dapat bekerja dengan baik.

"Agar hakim yang dinisbatkan oleh rakyat, bahwa para hakim adalah wakil tuhan di muka bumi ini menjalankan putusannya dengan benar dan berkeadilan bersasarkan Tuhan Yang Maha Esa," ujar dia.

Pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menilai penyebaran potongan rekaman video Hakim Wahyu sengaja disebar untuk mempengaruhi independensi hakim. Sementara itu Menkopolhukam Mahfud MD menduga video tersebut sebagai upaya untuk menteror hakim agar tidak berani memvonis Sambo dengan vonis yang berat.(OL-4)

Baca Juga

DOK MI

Erick Thohir Cawapres Potensial Besar Raih Hati Pemilih Milenial

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:32 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir menjadi sosok yang paling banyak mendapat perhatian pemilih muda alias...
MI/Emir

Wapres akan Hadiri Puncak Peringatan Harlah 1 Abad NU di Jatim

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:00 WIB
Salah satu rangkaian Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU adalah Muktamar Internasional I Fikih Peradaban, yang akan dibuka Wapres pada...
DOK MI

Duet Ganjar-Erick Sosok Pimpinan Yang Saling Melengkapi

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:25 WIB
KOMBINASI Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir selalu menjadi idaman masyarakat Indonesia dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya