Sabtu 10 Desember 2022, 15:12 WIB

Jadi Duta Komcad, Deddy Corbuzier Diberi Pangkat Letkol

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Jadi Duta Komcad, Deddy Corbuzier Diberi Pangkat Letkol

Dok.MI
Deddy Corbuzier

 

TENTARA Nasional Indonesia (TNI) memberikan pangkat letnan kolonel tituler Angkatan Darat (AD) kepada pesohor Deddy Corbuzier. Dengan pangkat tersebut, Deddy berhak menerima tunjangan sebesar 15% dari gaji pokok prajurit.

Juru bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Dahnil Anzar Simanjuntak saat dikonfirmasi pada Sabtu (10/12) menjelaskan, pemberian pangkat kepada Deddy didasarkan pada Peraturan Panglima TNI Nomor 40/2018 tentang Kepangkatan Prajurit TNI dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39/2010 tentang Administrasi Prajurit TNI.

Pasal 29 Ayat (2) PP Nomor 39/2010 menjelaskan bahwa penerima pangkat tituler berhak mendapat perlakuan administrasi terbatas. Dalam penjelasan beleid tersebut, yang dimaksud administrasi terbatas adalah rawatan kedinasan berupa tunjangan tituler sebesar 15%.

"Dari gaji pokok prajurit yang berasal dari pegawai negeri sipil sesuai dengan pangkat yang dipangkunya (tidak termasuk tunjangan keluarga) dan tunjangan keluarga," demikian penjelasan pasal tersebut.

Dahnil mengatakan, pangkat letnan kolonel tituler diberikan kepada Deddy dengan pertimbangan khusus yang dibutuhkan TNI, yakni komunikasi di sosial media. Kemampuan dan performa Deddy, lanjutnya, akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan kebangsaan dan sosialsisasi tugas dalam rangka menjaga pertahanan Tanah Air.

Baca juga: Komisi III DPR Disebut akan Panggil BNPT Minta Klarifikasi soal Bom Astanaanyar

Ia mengatakan bahwa pangkat tituler Deddy tersebut disahkan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. Menurut Dahnil, meski pangkat yang melekat bersifat sementara, Deddy akan terikat dengan aturan militer.

"Termasuk kehilangan hak pilih selama dia bertugas," tandasnya.

Terpisah, Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Kisdiyanto menegaskan, tugas yang diemban Deddy dengan pangkat tituler berbeda dengan prajurit TNI pada umumnya. Ia meyebut pemberian pangkat tersebut dialaskan pada peran Deddy yang akan dijadikan Duta Komponen Cadangan (Komcad).

"Karena Deddy Corbuzier akan dijadikan Duta Komponen Cadangan di lingkungan Kementerian Pertahanan. (Pangkatnya melekat) sampai tugas yang bersangkutan sebagai duta selesai," ujar Kisdiyanto. (OL-4)

Baca Juga

DOK MI

Erick Thohir Cawapres Potensial Besar Raih Hati Pemilih Milenial

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:32 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir menjadi sosok yang paling banyak mendapat perhatian pemilih muda alias...
MI/Emir

Wapres akan Hadiri Puncak Peringatan Harlah 1 Abad NU di Jatim

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:00 WIB
Salah satu rangkaian Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU adalah Muktamar Internasional I Fikih Peradaban, yang akan dibuka Wapres pada...
DOK MI

Duet Ganjar-Erick Sosok Pimpinan Yang Saling Melengkapi

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:25 WIB
KOMBINASI Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir selalu menjadi idaman masyarakat Indonesia dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya