Selasa 22 November 2022, 07:28 WIB

Dua Terdakwa Kasus ACT akan Bacakan Keberatan Hari Ini

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
Dua Terdakwa Kasus ACT akan Bacakan Keberatan Hari Ini

ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Terdakwa Presiden ACT Ibnu Khajar (dalam layar) mendengarkan pembacaan dakwaan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (15/11).

 

DUA terdakwa kasus penggelapan dana bantuan sosial dari Boeing Community Investment Fund (BCIF) untuk keluarga korban kecelakaan Lion Air 610 akan menyampaikan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan jaksa penuntut umum (JPU). Kedua terdakwa adalah Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) periode 2019-2022 Ibnu Khajar dan eks Senior Vice President Operational ACT Hariyana binti Hermain.

Persidangan akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa (22/11) Persidangan akan dibuka untuk umum.

"Agenda hari ini untuk eksepsi terdakwa," tulis laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jaksel, Selasa (22/11).

Baca juga: JPU Nyatakan Berkas Perkara Tersangka Kasus Yayasan ACT Lengkap

Sementara, mantan Presiden Yayasan ACT Ahyudin memilih tidak mengajukan keberatan atau eksepsi. Maka, persidangan khusus Ahyudin akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi-saksi yang dihadirkan oleh JPU, hari ini.

Ahyudin, Ibnu, dan Hariyana didakwa menggelapkan dana bantuan sosial dari Boeing Community Investment Fund (BCIF) untuk keluarga korban kecelakaan Lion Air 610. Total dana yang diselewengkan itu sebesar Rp117.982.530.997.

Atas perbuatan mereka, Ahyudin, Ibnu, dan Hariyana didakwa melanggar Pasal 374 KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP subsider Pasal 372 KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Usut Kasus Korupsi di Universitas Lampung, KPK Periksa Empat Saksi 

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:02 WIB
Para saksi diambil keterangannya untuk Karomani selaku Rektor Universitas Lampung dan tersangka lainnya. Pemeriksaan sejumlah saksi...
Antara

KPK Periksa Empat Saksi Dalami Rasuah di Unila

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:00 WIB
PENYIDIK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan suap terkait penerimaan mahasiswa baru di Universitas Lampung...
Ist

Kapolri Dampingi Laksamana Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:47 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL)Laksamana Yudo Margono hari ini menjalani fit and proper test sebagai calon Panglima TNI di DPR RI, Jumat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya