Jumat 18 November 2022, 16:55 WIB

RUU Papua Barat Daya Disahkan, Wapres Pastikan Perppu Pemilu Segera Dibuat

Kautsar Widya Prabowo | Politik dan Hukum
RUU Papua Barat Daya Disahkan, Wapres Pastikan Perppu Pemilu Segera Dibuat

MG News/Kautsar Widya P
Wapres Ma'ruf Amin (tengah)

 

PEMERINTAH segera memproses Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang Pemilu. Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berkaca dari proses pengesahan Rancangan Undang-Undang tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya oleh DPR RI.

Ma'ruf menjelaskan pemebentukan Papua Barat Daya ini ditunggu oleh pemerintah untuk dimasukan ke dalam Perppu Pemilu. Payung hukum itu akan menjadi dasar empat daerah otonom baru (DOB) di Papua, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya untuk mengikuti Pemilu 2024.

"Kita ingin supaya ini (Pemilu 2024 diselenggarakan) bareng dengan tiga provinsi baru di Papua dan satu di Papua Barat (Daya)," ujar Ma'ruf disela-sela kunjungan kerja (kunker) ke Semarang, Jawa Tengah, Jumat (18/11).

Baca juga: DPR Papua Butuh Payung Hukum terkait Status Anggota DPR Papua dari Dapil Provinsi Baru

Ma'ruf menambahkan pemekaran yang terjadi di Papua menjadi upaya pemerintah mempercepat kesejahteraan dan keamanan. Sebab, pelayanan masyarakat dinilai akan lebih maksimal.

"Kita harapkan pelayanannya akan lebih masif kepada masy itu dan itu kunci saya kira upaya percepatan untuk pembangunan Papua," ungkapnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Duta

Bamsoet Diminta Hentikan Wacana Penundaan Pemilu

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:39 WIB
Menurutnya, Bamsoet lebih baik meneladani Ketua Umumnya yakni Airlangga Hartarto yang menegaskan bahwa kondisi ekonomi akan baik di tahun...
dok.humas kasn

KASN Minta Tersangka Jual Beli Jabatan di Pemkab Bangkalan Dicopot Status ASN-nya

👤Muhammad Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 16:30 WIB
PARA pejabat yang notabene menduduki kursi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama semestinya bisa menjadi teladan bagi ASN di instansinya. Wajar...
dok.Ant

Pimpinan DPR Ingatkan Ketua MPR Bamsoet Soal Jadwal Pemilu 2024

👤Putra Ananda 🕔Jumat 09 Desember 2022, 16:15 WIB
PIMPINAN DPR yang diwakili oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) untuk tidak melempar wacana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya