Kamis 10 November 2022, 21:18 WIB

Maknai Hari Pahlawan, Firli: Penjajah Zaman Ini adalah Koruptor

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Maknai Hari Pahlawan, Firli: Penjajah Zaman Ini adalah Koruptor

dok.ist
Ketua KPK Firli Bahuri saat peringati Hari Parlawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022)

 

KETUA KPK Firli Bahuri mengatakan Hari Pahlawan Nasional yang diperingati tiap tanggal 10 November sejatinya jadi momentum untuk meneguhkan nilai-nilai perjuangan. Yakni, berupa pengabdian sepenuh hati, kerelaaan untuk berkorban serta keberanian menolak ajakan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

"Ruh dan nilai-nilai perjuangan pahlawan seyogianya dapat meneguhkan bangsa ini dalam melawan penjajah di zaman ini, yakni korupsi yang wajib kita perangi dan bumi hanguskan dari bumi ibu pertiwi," kata Firli, Kamis (11/10).

Menurunya, korupsi telah menjadi kanker yang menghambat perwujudan cita-cita negara. Akibat korupsi, tujuan untuk mensejahterakan serta mencerdaskan kehidupan bangsa sulit terwujud.

Karena itu, ia mengajak seluruh elemen bangsa untuk berjuang bersama KPK dalam upaya membebaskan negeri dari praktik korupsi.

“Jadilah pahlawan kemerdekaan Indonesia era ini dengan senantiasa menjaga integritas, kejujuran, kesederhanaan, dan berjuang bersama KPK bersama segenap elemen bangsa ANTIKORUPSI dalam Perang Badar melawan korupsi, sampai NKRI zero korupsi,” tandasnya.

Firli menambahkan, saat ini Indonesia butuh banyak pahlawan antikorupsi. Itu karena praktik korupsi telah dianggap hal biasa alih-alih dipandang sebagai budaya.

Dengan menjalankan peran pahlawan antikorupsi, diharapkan terbentuk persepsi, sikap, perilaku serta komitmen dari segenap bangsa untuk melawan korupsi.

"Saudaraku sebangsa dan setanah air, jangan tanyakan apa yang bisa negara berikan untuk kita,tetapi tanyakan apa yang telah atau dapat kita lakukan untuk negara Indonesia. Negara kita telah begitu banyak memberi segalanya kepada kita, kini saatnya bagi kita untuk memberikan sumbangsih kepada negara, salah satunya berani untuk tidak melakukan korupsi dan menjadi bagian dari upaya upaya membersihkan membebaskan negeri ini dari praktik praktik korupsi".

"Selamat Hari Pahlawan Nasional Indonesia, mari kita peringati dengan semangat budaya ANTIKORUPSI dan mengambil peran sebagai pahlawan ANTIKORUPSI,” tutupnya. (OL-13)

Baca Juga: Dua Dokter Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Baca Juga

Antara/Ampelsa.

Syarat Membuat SKCK di Polsek, sebelum Datang Siapkan Ini

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:08 WIB
Jika seseorang memiliki catatan tindak kriminal, SKCK akan memuat catatan tersebut. Begitu juga dengan...
Antara

Direktur Operasi Jadi Tersangka Korupsi, Waskita: Kami Kooperatif

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:04 WIB
Penyidik Kejagung telah menetapkan tersangka dugaan tindak pidana korupsi, yakni Direktur Operasi II Waskita Karya periode 2018 sampai...
MI/Moh Irfan.

Jadi Anak Buah Jokowi Penyebab Elektabilitas Prabowo Turun

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 06 Desember 2022, 17:46 WIB
Dia menyampaikan basis pemilih Anies dan Prabowo memiliki kesamaan, yakni Sumatra, Banten, Jakarta, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya