Kamis 03 November 2022, 00:05 WIB

Rico Sia Kembali Desak Pimpinan DPR Segera Sahkan UU Papua Barat Daya

Media Indonesia | Politik dan Hukum
Rico Sia Kembali Desak Pimpinan DPR Segera Sahkan UU Papua Barat Daya

Dok pribadi
Rico Sia

 

ANGGOTA Fraksi Partai NasDem DPR RI dari Dapil Papua Barat, Rico Sia, terus mendesak pimpinan DPR RI untuk segera menggelar rapat paripurna DPR dengan agenda pengesahan RUU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya menjadi UU.

Bakal beleid untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Barat Daya tersebut telah selesai dibahas Komisi II DPR RI bersama perwakilan DPD RI, dan perwakilan pemerintah, serta telah disepakati untuk dibawa ke rapat paripurna. 

"Pimpinan DPR juga telah berjanji akan mengesahkan RUU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya pada Masa Persidangan Dua Tahun Sidang 2022-2023," ujar Rico dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/11).

Rico mengatakan, selama melaksanakan reses di Papua Barat, ia menerima banyak aspirasi agar pemekaran Provinsi Papua Barat tersebut segera terealisasi. Masyarakat Papua Barat Daya sangat antusias menyambut pemekaran itu dan mengikuti Pemilu Serentak 2024.

"RUU ini harus segera disahkan agar tidak terus-menerus menimbulkan keresahan bagi masyarakat Papua, khususnya Papua Barat Daya yang sudah begitu antusias untuk ikut dalam Pemilu Tahun 2024," tandas Rico.

Selain itu, Rico mengatakan empat DOB Papua (Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya) juga akan segera menetapkan pengisian penjabat-penjabat sementara gubernur. Hal itu merupakan kesimpulan Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR dengan Menteri Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu RI dan DKPP RI pada 31 Agustus 2022.

"Sebagai konsekuensi terbentuknya empat DOB tersebut telah disetujui untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), yang diperuntukkan bagi empat  DOB, termasuk persiapan DOB Papua Barat Daya. Untuk itu, RUU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya harus segera disahkan," tegas Rico. (RO/O-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ampelsa

Tiba di Padang, "Anies Presidenku" menggema di Bandara Internasional Minangkabau

👤Andromeda dan Fajri Fatmawati 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:46 WIB
SAMBUTAN histeris mewarnai kedatangan Anies Baswedan bakal calon presiden Partai NasDem tiba di Padang Pariaman, Sumatera Barat, pukul...
MI/Henri

Badan Otorita Klaim 21 Negara tertarik Investasi di IKN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:11 WIB
Ia mengatakan, dengan banyaknya investor asing bisa merealisasikan target 80% pembiayaan IKN yang berasal dari...
MI/M Taufan SP Bustan

NasDem Berharap Pemda Dukung Kegiatan Pendidikan Politik bagi Publik

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 17:25 WIB
Politisi NasDem Effendy Choirie (Gus Choi) menjelaskan NasDem memiliki kewajiban untuk mengenalkan Anies Baswedan sebagai bacapres 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya