Senin 26 September 2022, 15:34 WIB

Presiden Melepas Bantuan Kemanusiaan ke Pakistan

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Melepas Bantuan Kemanusiaan ke Pakistan

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (tengah)

 

PRESIDEN Joko Widodo secara resmi melepas bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia kepada korban bencana banjir dan tanah longsor di Pakistan. Pelepasan tersebut dilakukan di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (26/9).

Secara rinci, Jokowi menuturkan bantuan tersebut terdiri dari bantuan tunai sebesar US$1 juta serta sejumlah kebutuhan dasar seperti pakaian, tenda dam obat-obatan.

“Untuk meringankan beban saudara-saudara kita di Pakistan dan sebagai wujud solidaritas internasional, pemerintah Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan berupa kurang lebih US$1 juta bantuan secara tunai dan juga bantuan barang-barang yang hari ini segera kita berangkatkan,” ujar Jokowi.

Ia berharap bantuan yang diberikan dapat mempercepat penanganan dan pemulihan pascabencana sehingga masyarakat dapat beraktivitas kembali.

Tidak hanya materil, dalam beberapa waktu ke depan, pemerintah Indonesia juga akan mengirimkan tenaga kesehatan ke Pakistan.

Baca juga: Kebijakan Jokowi Dorong Percepatan Hak Masyarakat atas Kepemilikan Tanah

“Seusai dengan permintaan dari pemerintah Pakistan, saya juga tengah menyiapkan bantuan berupa tenaga kesehatan yang nantinya segera akan dikirimkan untuk memberikan pelayanan medis kepada warga Pakistan yang terdampak,” tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Kepala Negara mengungkapkan bencana di Pakistan menimbulkan dampak kerusakan yang parah, mulai dari kerusakan tempat tinggal, lahan pertanian, hingga infrastruktur strategis.

Sebanyak 800 ribu orang terpaksa mengungsi akibat banjir besar dan tanah longsor yang terjadi.

Jokowi pun menyampaikan ucapan dukacita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa akibat bencana yang terjadi.

“Atas nama pribadi dan juga atas nama rakyat Indonesia, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa akibat bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Pakistan,” tuturnya.

Dalan kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa ia diberi tugas oleh Presiden untuk mendampingi secara langsung pemberian bantuan.

"Saya mendapat perintah langsung dari Bapak Presiden untuk berangkat bersama Kepala BNPB dan rombongan termasuk dari perwakilan NGO. Sekarang pesawat sudah siap-siap berangkat, dan ada satu lagi akan berangkat nanti malam," papar Muhadjir. (OL-4)

Baca Juga

dok.ist

Pasca Deklarasi Anies, Elektabilitas Ganjar Bertahan di Puncak

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 19:25 WIB
ELEKTABILITAS Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bertahan di posisi puncak, paska deklarasi Anies Baswedan oleh Partai NasDem...
Ist

Peneliti LSI: Mesin Partai On Fire, Golkar Bakal Menang Pemilu di Jabar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 14:46 WIB
Ormas yang didirikan Partai Golkar yang saat ini masif bergerak di Provinsi Jawa Barat berpotensi akan memenangkan Partai Golkar di Pemilu...
dok.ist

3 Komisioner LMKN Tantang Tergugat Buktikan Dalil Jawaban dalam Sidang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 12:00 WIB
KUASA hukum tiga anggota komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) 2019–2024, Fredrik J Pinangkury, menyampaikan pihaknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya