Senin 29 Agustus 2022, 15:53 WIB

Staf Menkumham Pantau Kinerja Kantor Imigrasi di Pekanbaru

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Staf Menkumham Pantau Kinerja Kantor Imigrasi di Pekanbaru

Ist
Staf Menkumham Bidang Transformasi Digital, Fajar B.S. Lase berdialog dengan warga di Kantor Imigrasi Klas I, Pekanbaru, Riau.

 

STAF Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital, Fajar B.S. Lase, meninjau kinerja Kantor Imigrasi Klas I, Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim), serta Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) di Pekanbaru, Riau.

Peninjauan tersebut untuk memastikan keseuaian kinerja dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku dan untuk pelayanan publik yang optimal bagi masyarakat

“Sebagai Kementerian yang menaungi lebih dari 800 UPT diseluruh wilayah Indonesia, kami harus memastikan bahwa semua masyarakat mendapatkan pelayanan yang sama, setara, dan sesuai dengan SOP yang berlaku” ujar Fajar Lase dalam keterangan pers, Senin (29/8).

Pada rangakain kunjungan ini, Fajar B.S. Lase juga didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau, Mhd. Jahari Sitepu serta Kepala Divisi Pemasyarakatan, Mukyadi.

Di kunjungan pertama ke Kantor Imigrasi Klas I Pekanbaru, Fajar Lase dan Jahari Sitepu mendapatkan masukan langsung dari masyarakat yang sedang mendapatkan pelayanan keimigrasian.

Salah satu pemohon menyampaikan bahwa pelayanan keimigrasian saat ini sudah sangat berbeda dengan sebelumnya, karena sistem yang diterapkan sekarang mempermudah para pemohon untuk menyiapkan dokumen yang harus disertakan.

Selain itu, proses yang transparan serta sudah digital juga dapat memutus kemungkinan terjadinya pungutan tidak resmi diluar SOP yang berlaku. 

Fajar Lase menyampaikan bahwa jajaran Imigrasi baik di pusat dan daerah memang selalu malakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan keimigrasian.

“Salah satu inovasi yang sedang sering kami lakukan adalah program Easy Passport, d imana kami yang akan menjemput bola dan mendatangi masyarakat yang memang memiliki kendala jarak dan lokasi untuk mendapatkan pelayanan keimigrasian”.

Pada kunjungan keduanya, Fajar Lase mendapatkan informasi bahwa saat ini Rudemin Pekanbaru sedang menampung 9 orang Deteni Imigrasi, yang mana 7 orang d iantaranya sudah mendapatkan final reject yang terdiri dari 4 warga negara Iran yang merupajan satu keluarga dan 3 warga negara Srilanka.

Selain itu ada 2 deteni dari Tiongkok yang terbukti telah melanggar UU Keimigrasian dan saat ini sedang menunggu dideportasi. 

Dalam kunjungannya ke Rudenim Pekanbaru, Fajar Lase menyatakan,“Ditjen Imigrasi beserta UPT Keimigrasian di seluruh Indonesia akan selalu menyambut baik warga negara asing yang akan masuk ke Indonesia sesuai dengan prosedur dan tidak melakukan pelanggaran keimigrasian."

"Namun, jika diindikasi adanya pelanggaran hukum dan keimigrasian, sudah menjadi kewajiban kami untuk melakukan prosedur hukum keimigrasian untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat,” ujarnya. 

Rangkaian kunjungan ini diakhiri di Rupbasan Pekanbaru yang menampung 27 buah mobil, 780 motor, serta dokumentasi dari 5 bidang tanah/bangunan san 393 unit barang-barang hasil sitaan lainnya.

“Semua barang ini harus diperhatikan juga keamanan nya, barang-barang sitaan ini penting bagi keperluan penyidikan dan pemeriksaan di pengadilan. Jangan sampai ada barang yang luput dari inventaris” pesan Fajar Lase pada staf Rupbasan Pekanbaru,* paparnya (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Disanksi Demosi 4 Tahun, Mantan Kasubdit Ditreskrimum PMJ Ajukan Banding

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 28 September 2022, 23:01 WIB
Selain dijatuhkan sanksi demosi selama empat tahun, pimpinan Sidang KKEP juga menjatuhkan sanksi etika bahwa perbuatan pelanggar dinyatakan...
Antara

Prabowo: Kita Perlu TNI dan Polri yang Kuat

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 28 September 2022, 22:35 WIB
Hal itu ditekankan Menhan Prabowo saat mengunjungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Mabes Polri pada Rabu (28/9)...
MI/Barry F

MA Jalankan Saran KPK untuk Cegah Korupsi di Lembaga Peradilan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 21:58 WIB
KARO Humas dan Hukum MA Sobandi mengatakan lembaganya langsung berbenah serta segera melaksanakan saran dan masukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya