Rabu 27 Juli 2022, 22:50 WIB

Penyidik Koneksitas Periksa Tiga Tersangka Korupsi Satelit Kemenhan

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Penyidik Koneksitas Periksa Tiga Tersangka Korupsi Satelit Kemenhan

MI/ Susanto
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana

 

PENYIDIK koneksitas di bawah kendali Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer (JAM-Pidmil) memeriksa tiga tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan Satelit Komunikasi Pertahanan (Satkomhan) slot orbit 123 derajat Bujur Timur di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) periode 2012- 2021. 

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan pemeriksaan dilakukan, Selasa (26/7).

"Dengan didampingi penasihat hukum masing-masing tiga tersangka," ujar Ketut melalui keterangan tertulis, Rabu (27/7).

Salah satu tersangka dalam perkara tersebut diketahui merupakan pensiunan perwira tinggi TNI AL, yakni Laksamana Muda (Purn) Agus Purwoto. Pada periose Desember 2013-Agustus 2016, Agus sempat menjabat sebagai Direktur Jenderal Kekuatan Pertahanan Kemenhan.

Adapun dua tersangka lainnya berasal dari unsur sipil swasta, yakni Direktur Utama PT Dini Nusa Kusuma (DNK) Surya Cipta Witoelar dan Komisaris Utama PT DNK Arifin Wiguna. Menurut Ketut, pemeriksaan dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam kasus itu.

"Dari hasil pemeriksaan, patut diduga para tersangka yang bertanggung jawab atas kontrak sewa satelit Arthemis dengan Avanti yang menimpulkan kerugian negara sebesar Rp500,579 miliar," papar Ketut.

Ia menegaskan, proses penyidikan masih terus dilakukan. Bahkan, pihak Kejaksaan tidak menutup kemungkinan adanya penambahan tersangka yang bertanggung jawab, baik dalam hal pengadaan maupun penyewaan Satelit slot orbit 123 derajat Bujur Timur.

Sebelumnya, JAM-Pidmil Laksamana Madya Anwar Saadi mengatakan pihaknya sedang berfokus menyidik kontrak antara Kemenhan dengan perusahaan asing lainnya, yakni Navayo. (OL-8)

Baca Juga

Ist/BPIP

Calon Paskibraka 2022 Terus Digembleng dengan Asuhan BPIP

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:07 WIB
Para calon Paskibraka yang berasal dari 34 provinsi itu menggelar Gladi Kotor (Glator) pertama di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu,...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

KPK Pastikan belum Terkendala Usai Ditinggal Lili Pintauli

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:15 WIB
Nawawi mengatakan pihaknya tidak bisa mengintervensi pemerintah maupun DPR soal pergantian Lili. KPK tidak bisa mencampuri urusan...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

KPK Pantau Kelanjutan Pengusutan TPPU Setnov di Bareskrim

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:00 WIB
Nawawi mengatakan pihaknya punya kewenangan memantau kasus itu. KPK juga punya kewenangan membantu atau mengambil perkara itu dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya