Selasa 19 Juli 2022, 19:15 WIB

Setjen DPR Siap Gelar Parlemen Remaja 2022 secara Tatap Muka

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Setjen DPR Siap Gelar Parlemen Remaja 2022 secara Tatap Muka

Ist/DPR
Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI Suratna.

 

SEKRETARIAT Jenderal (Setjen) DPR RI kembali akan menggelar event tahunan yaitu Parlemen Remaja.

Menurut Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI Suratna, Parlemen Remaja wadah pembelajaran politik bagi generasi muda khususnya pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di seluruh Indonesia.

“Para peserta Parlemen Remaja belajar secara langsung dinamika perpolitikan di tanah air secara komprehensif. Sehingga mereka dengan sendirinya akan menyadari pentingnya berdemokrasi secara benar,” terang Suratna di Gedung DPR RI, Selasa (19/7). 

Setelah 2 tahun dilaksanakan secara daring (virtual), sambung Suratna, perhelatan Parlemen Remaja 2022 ini akan dilangsungkan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Dengan tatap muka, para peserta dapat lebih merasakan atmosfer sebagai Anggota Dewan sesungguhnya," tutur Suratna.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Puan Minta Prokes Sekolah Jadi Perhatian Lebih

Pada tahun ini Parlemen Remaja mengusung tema "Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku". Diusungnya tema tersebut menurut Suratna sudah sesuai dengan fenomena yang sedang marak terjadi.

Pelindungan data pribadi harus dimulai dari diri sendiri agar tidak mudah diakses apalagi disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Pada momen ini, calon peserta akan turut mensimulasikan pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP),” tandasnya.

Ditemui di tempat yang berbeda, Kabag Humas Setjen DPR RI Minarni menyampaikan, puncak Parlemen Remaja akan diselenggarakan pada 10-14 Oktober 2022.

Proses pendaftaran peserta akan dimulai pada tanggal 19 Juli - 19 Agustus 2022 di website https://parlemenremaja.dpr.go.id/.

“Setelah proses pendaftaran, Tim Panitia akan menyeleksi Calon Anggota Parlemen Remaja 2022 dan akan diumumkan pada tanggal 30 Agustus 2022,” terang Minarni.

Disampaikan Minarni, Parlemen Remaja selalu menghadirkan animo yang besar dari generasi muda. Tiap tahunnya, tak kurang dari 5.000 pelajar yang mendaftar untuk menjadi Anggota Parlemen Remaja.

“Jejaring alumni Parlemen Remaja juga turut andil dalam mempublikasikan seluas-luasnya kepada calon peserta Parja,” pungkasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

MGN

Pengacara Sebut Bharada E Tidak Nyaman Deolipa Sibuk Cari Panggung

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:28 WIB
Ronny mengatakan sejak hari pertama menjadi kuasa hukum, Deolipa tidak mendampingi Bharada...
Antara

68,60% Lansia Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:23 WIB
Sebanyak 18.187.264 lansia telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 84,38 persen dari...
MI/Adam Dwi

Pelanggaran Kode Etik Berat, Ferdy Sambo Berpotensi Dipecat 

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:42 WIB
Menurut IPW, sidang etik Ferdy Sambo bisa mengarah tindak pidana, jika terbukti menghilangkan bukti atau merusak TKP dalam kasus penembakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya