Minggu 29 Mei 2022, 18:22 WIB

BSKDN Kemendagri Gandeng UI Perkuat Validasi Indeks Inovasi Daerah

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
BSKDN Kemendagri Gandeng UI Perkuat Validasi Indeks Inovasi Daerah

DOK Pribadi.
Eko Prasetyanto.

 

BADAN Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) berkolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI) untuk memperkuat validasi Indeks Inovasi Daerah dalam rangka Innovative Government Award (IGA) 2022. Kolaborasi dilakukan untuk menjaga agar IGA tetap menghasilkan penilaian objektif dalam mengukur pencapaian kinerja pemerintah daerah. 

"Kami bersama-sama di sini untuk menindaklanjuti kerja sama yang pernah dilakukan. Kami sangat bergembira karena di sini kami bisa berkolaborasi lebih lanjut dalam rangka validasi inovasi untuk IGA 2022," ucap Kepala BSKDN Eko Prasetyanto dalam pertemuan internal di Kampus UI, Jumat (27/5). 

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya meminta masukan terkait sejumlah hal yang perlu dipersiapkan demi kelancaran pengukuran Indeks Inovasi Daerah 2022 yang direncanakan digelar dalam waktu dekat. "Masukan dari Bapak dan Ibu akan membantu persiapan kami, karena rencana kami di minggu kedua Juni sudah mulai berproses," katanya lagi. 

Lebih lanjut Eko mengatakan, kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan UI, merupakan upaya menjaga objektivitas dalam penilaian kinerja pemerintah daerah yang akan dipublikasikan dalam IGA 2022. "Kami berharap ada kolaborasi yang baik, bersinergi, karena Menteri Dalam Negeri selalu berpesan kepada kita untuk menjaga marwah IGA ini dengan mengedepankan objektivitas. Sebab itu, dari hulu ke hilir mohon masukan dari Bapak dan Ibu hingga tidak ada yang namanya permainan (dalam penilaian)," tambahnya. 

Menyambut hal itu, Wakil Rektor IV UI Dedi Priadi mengucapkan terima kasih kepada BSKDN yang mempercayakan UI untuk terlibat dalam validasi Indeks Inovasi Daerah urusan pemerintah dalam negeri dalam IGA 2022. "Mudah-mudahan dengan kerja sama, IGA 2022 dapat benar-benar bermanfaat untuk masyarakat dan perbaikan untuk kinerja pemerintah daerah ke depan. Mudah-mudah dengan kolaborasi ini, UI dapat ikut bersama-sama dengan Kemendagri memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Dedi. 

Baca juga: Jokowi Dinilai Berhasil Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lewat Digitalisasi

Hal serupa juga disampaikan Direktur Inovasi dan Science Techno Park (ISTP) UI Ahmad Gamal yang turut hadir dalam pertemuan tersebut. Gamal mengatakan IGA 2022 dapat menjadi momentum untuk membaca peningkatan kinerja pemerintah daerah dalam melayani masyarakat. Ia yang turut serta dalam validasi Indeks Inovasi Daerah 2021 optimistis terhadap kemajuan indeks tahun ini. "Ini tahun kedua kami (UI) diminta melakukan validasi. Tahun ini kami akan fokus melihat kebijakan pemerintah daerah yang walaupun inovasinya sederhana tetapi ber-impact besar untuk masyarakat," ungkapnya. 

Menyimak hal tersebut, Eko yakin Indeks Inovasi Daerah 2022 akan berjalan dengan maksimal. Selain dengan UI, pihaknya berkolaborasi dengan Universitas Gajah Mada (UGM) dan lintas kementerian lagi. "Agar ini (IGA) tidak hanya menjadi milik Kementerian Dalam Negeri tetapi (menjadi kerja) kolaborasi antar-government," pungkas Eko. (RO/OL-14)

Baca Juga

AFP

Madrid Siap Lego Asensio dan Ceballos Demi Dana Segar

👤Ant 🕔Minggu 26 Juni 2022, 23:48 WIB
Diperkirakan Asensio dapat memberikan Los Blancos dana penjualan sebesar 50 juta euro (sekitar Rp783...
DOK MI.

145 Orang Ikut Seleksi Hakim Ad Hoc HAM Berat Paniai

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:28 WIB
MA membutuhkan enam hakim ad hoc untuk menangani perkara Paniai, baik di pengadilan tingkat pertama, banding, maupun...
MI/ HO

Jokowi Dinilai Jaga Marwah Indonesia dengan Aktif Redam Konflik Rusia-Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 14:26 WIB
Presiden dijadwalkan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir Juni di kesempatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya