Kamis 14 April 2022, 13:43 WIB

Sikap Humanis Kapolri Tangani Demo Wujud Kesuksesan Konsep Presisi

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Sikap Humanis Kapolri Tangani Demo Wujud Kesuksesan Konsep Presisi

MI/ANDRI WIDIYANTO
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menemui massa aksi di depan kompleks parlemen DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/4).

 

SEKRETARIAT Nasional (Seknas) Jokowi mengapresiasi sikap humanis aparat kepolisian saat menangani aksi demo mahasiswa, baik di Gedung MPR/DPR maupun di kawasan Patung Kuda, Jakarta, 11 April lalu.

"Kami mengapresiasi Polri bekerja sangat profesional dan humanis dalam mengamankan demonstrasi mahasiswa, Senin lalu," kata Monisyah Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Seknas Jokowi, dalam keterangan persnya, Kamis (14/4).

Monisyah menilai turun langsungnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk berdialog dengan para pendemo menunjukkan sikap persahabatan, sekaligus menepis tudingan banyak orang bahwa polisi selalu bertindak kasar setiap kali menangani aksi demonstrasi.

"Dibalik sikap humanis, tetap tercermin ketegasan dan keteladanan yang harusnya memang diikuti oleh segenap komponen bangsa," katanya. 

Baca juga: Kapolri Minta Anggota Kawal Demo 11 April dengan Humanis

Dirinya juga menyayangkan terjadinya tindak kekerasan terhadap Ade Armando oleh oknum-oknum yang ikut menunggangi demo tersebut.

"Para mahasiswa sudah menunjukkan itikad baik dengan mengakhiri demo sesuai waktu yang diberikan. Kami juga memberi apresiasi kepada adik-adik mahasiswa," imbuhnya.

Ketika menemui para mahasiswa, Kapolri dengan tegas meminta jajarannya untuk bertindak profesional dan menjauhi kekerasan.

"Tugas kami hanya memastikan demo berjalan dengan lancar dan aspirasi adik-adik mahasiswa bisa tersampaikan dengan jelas. Juga untuk menghindari pihak-pihak yang mau menunggangi atau memanfaatkan demo ini untuk tujuan-tujuan yang tidak jelas dan anarkhi," ujar Kapolri di atas mobil komando.

Bagi Monisyah, ini merupakan wujud konsep presisi yang selalu didengungkan oleh Kapolri. "Polri sekarang sudah semakin dewasa dengan konsep presisinya. Ini patut kita apresiasi," pungkasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

KIB Masih Buka Pintu untuk Partai Lain

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:37 WIB
"Pada dasarnya kita terbuka, sifatnya inklusif. Kita terbuka terhadap partai-partai lain dan komunikasi masih terus berjalan,"...
MI/Arya Manggala

PDI-P Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 12:17 WIB
DPP PDI Perjuangan belum memikirkan nama pengganti untuk menjadi calon pengganti Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, yang meninggal dunia pada...
MI/Susanto

Mahfud MD: Presiden Kantongi Nama Untuk Jabatan Menpan RB

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 12:12 WIB
Mahfud MD, yang kini menjabat sebagai Menpan RB ad interim, berpendapat bahwa Presiden memiliki perangkat penilaian lengkap untuk memilih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya