Selasa 08 Maret 2022, 20:20 WIB

Korupsi ASABRI, Adik Benny Tjokro Segera Disidang 

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Korupsi ASABRI, Adik Benny Tjokro Segera Disidang 

Dok. Kejagung
Pelimpahan berkas perkara dugaan kasus korupsi ASABRI ke pengadilan tipikor

 

PRESIDEN Direktur PT Rimo International Lestari Tbk Teddy Tjokrosaputro segera duduk di kursi pesakitan dalam perkara dugaan korupsi dan pencucian uang di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI) tahun 2012 sampai 2019. Teddy merupakan adik dari Benny Tjokrosaputro, terdakwa lain dalam perkara tersebut. 

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana menyebut pihaknya telah melakukan pelimpahan berkas perkara ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Proses itu dilaksanakan oleh jaksa penuntut umum pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) dan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. 

"Setelah pelimpahan berkas perkara, maka tim JPU akan menghadirkan terdakwa di persidangan setelah mendapatkan penetapan majelis hakim Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat," kata Ketut melalui keterangan tertulis, Selasa (8/2). 

Dalam surat dakwaan yang disusun tim JPU, Teddy didakwa melanggar ketentuan Pasal 2 Ayat 1 subsider Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. 

Baca juga : Bupati-Wabup Halmahera Utara Gugat Masa Jabatan ke MK

Selain itu, ia juga didakwa dengan Pasal 3 subsider Pasal 4 Undang-Undang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. 

Teddy menjadi tersangka ke-9 yang diseret pihak Kejagung terkait skandal ASABRI. Sebelumnya, tujuh terdakwa lain telah divonis majelis hakim Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat. 

Salah satunya, yakni Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat dijatuhi hukuman nihil karena sebelumnya sudah dihukum pidana penjara seumur hidup dalam megakorupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Adapun persidangan Benny sampai saat ini masih berlangsung. 

Diketahui, dugaan rasuah di ASABRI terkait dengan pengelolaan keuangan dan dana investasi. Berdasarkan hasil audit yang dilakukan BPK, korupsi itu merugikan keuangan negara sebesar Rp22,7 triliun. (OL-7)

Baca Juga

MI/Dero Iqbal Mahendra

Cegah Hoaks dan Ujaran Kebencian Bawaslu Perkuat Kehumasan

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 29 Juni 2022, 10:20 WIB
Dalam upaya mencegah terjadinya meluasnya hoaks dan ujaran kebencian seperti pada pemilu 2019 lalu, Bawaslu Jakarta Barat mengadakan...
ANTARA/Teresia May

Buruh Apresiasi Rencana Pemberian Cuti Melahirkan Enam Bulan

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 29 Juni 2022, 09:18 WIB
"Tidak ada sejarahnya perusahaan bangkrut hanya gara-gara memberikan hak cuti melahirkan yang panjang kepada...
Ist

PBB: Ujaran Kebencian Rusak Solidaritas Komunitas Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:57 WIB
Ujaran kebencian telah menjalar dan merusak kohesi sosial dan merusak pemahaman bersama yang seharusnya ada dalam sebuah komunitas dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya