Senin 07 Maret 2022, 11:46 WIB

Korban Lega Laporan Indra Kenz Ditangguhkan

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Korban Lega Laporan Indra Kenz Ditangguhkan

ANTARA/Reno Esnir
Tersangka investasi bodong Binomo Indra Kenz.

 

MARU Nazara, pelapor sekaligus korban investasi bodong trading binary option lewat aplikasi Binomo lega dan berterima kasih kepada polisi yang telah menangguhkan laporan pengusaha asal Medan, Indra Kesuma alias Indra Kenz. Maru dilaporkan terkait dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya, 7 Februari lalu.

"Ya tentu saja kita berterima kasih kepada Polri mereka sangat teliti dalam kasus ini. Kita juga menyambut baik dan mengapresiasi bahwa hukum itu ditegakkan di Indonesia dengan adil," kata Maru Nazara saat dikonfirmasi, Senin (7/3).

Menurut Maru, laporan tidak diproses karena mempertimbangkan hak korban. Maru melaporkan Indra Kenz terkait kasus dugaan investasi bodong trading binary option lewat aplikasi Binomo ke Bareskrim Polri.

Baca juga: PPATK Duga Banyak Crazy Rich Lakukan Penipuan dan Pencucian Uang

"Tentu saja mereka mempertimbangkan hal itu, sehingga mereka menemukan titik terang bahwa yang melaporkan itu (Indra) memang bersalah dan tersangka," ujar Maru.

Di samping itu, dia mengaku belum pernah bertemu dengan Indra Kenz. Apalagi mediasi terkait laporan pencemaran nama baik di Polda Metro Jaya tersebut.

"Itu enggak ada sama sekali, kita belum pernah ketemu sama orangnya," ucap Maru.

Sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan pelaporan Indra Kenz tidak dilanjutkan. Sebab, tidak temasuk tindak pidana.

"Seharusnya tidak dilanjutkan, bukan tindak pidana," kata Agus saat dikonfirmasi, Senin (7/3).

Sementara itu, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan menyebut pengusutan terhadap laporan yang dibuat Indra Kenz itu ditunda. Pasalnya, Indra Kenz telah menyandang status tersangka investasi bodong Binomo.

"Pencemaran nama baik ditunda dulu prosesnya," ungkap Whisnu saat dikonfirmasi terpisah.

Polda Metro Jaya menerima laporan Indra Kesuma atau Indra Kenz terkait pencemaran nama baik dengan terlapor Maru Nazara, awal Februari 2022. Maru merupakan salah satu korban yang melaporkan investasi bodong aplikasi Binomo ke Bareskrim Polri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan mengatakan meski menerima laporan Indra Kenz, tidak serta merta terlapor langsung dinyatakan melakukan pencemaran nama baik. 

Menurut dia, pihaknya akan mempertimbangkan pelaporan Maru Nazara di Bareskrim Polri.

"Indra Kenz ke sini melaporkan balik ya, kaitannya dengan UU ITE pencemaran nama baik. Nah itu tentunya penyidik akan melihat dari kasus utamanya yang di Bareskrim gitu ya. Kalau kasus utamanya di Bareskrim terbukti tentunya jadi pertimbangan penyidik, jadi tidak serta merta," jelas Zulpan, 8 Februari lalu.

Kasus dugaan investasi bodong Binomo dilaporkan ke Bareskrim Polri pada 3 Februari 2022. Laporan terhadap Indra terdaftar dengan nomor STTL/29/II/2022/BARESKRIM.

Penyidik Dirtipideksus Bareskrim Polri melakukan penyelidikan dan penyidikan. Lalu, menetapkan Indra Kenz sebagai tersangka investasi bodong Binomo pada 24 Februari 2022. Indra Kenz mempromosikan trading Binomo yang diduga kuat investasi bodong dan judi online.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memblokir empat rekening pengusaha asal Medan tersebut. Uangnya mencapai puluhan miliar rupiah. Polisi juga tengah menyita sejumlah aset Indra sebagai upaya memiskinkan orang terkaya di Medan itu.

Indra kini ditahan selama 20 hari pertama di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Indra dijerat Pasal 45 ayat 2 jo Pasal 27 ayat 2 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 45 ayat 1 jo Pasal 28 ayat 1 UU ITE, Pasal 3, 5, 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 KUHP. Dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. (OL-1)

Baca Juga

MI/M Irfan

Jenderal Andika dan Jenderal Dudung Saling Melengkapi

👤Media Indonesia 🕔Jumat 30 September 2022, 22:10 WIB
KEHADIRAN Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI (26/9) membuktikan tak ada...
MI/ HO

Kemendagri Gelar Rakor Percepat Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK dan APIP

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 20:42 WIB
Kemendagri dan BNPP meraih opini WTP atas Laporan Keuangan oleh BPK RI sebanyak delapan kali berturut-turut sejak...
Dok MI

Pancasila Selalu Relevan Diterapkan

👤Sri Utami 🕔Jumat 30 September 2022, 20:09 WIB
Saat ini Pancasila mulai dipengaruhi oleh tiga ideologi besar dunia yang berusaha untuk menarik dan mengembangkan dasar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya