Jumat 04 Maret 2022, 16:43 WIB

Sukses Jaga Stabilitas Politik, Jokowi Diterima Semua Kalangan

Widhoroso | Politik dan Hukum
Sukses Jaga Stabilitas Politik, Jokowi Diterima Semua Kalangan

Dok Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo.

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dinilai sukses menjaga stabilitas politik selama dua periode kepemimpinannya. Kesuksesan tersebut didasari Jokowi diterima berbagai kalangan seluruh masyarakat Indonesia.

Aktivis Pemuda Nasional Sahat Martin Philip Sinurat juga mengamini hal tersebut saat menjadi pembicara dalam Seminar Indonesia Maju bertajuk Stabilitas Politik Dua Priode Pemerintahan Jokowi di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menurut dia, semua tak lepas dari latar belakang Jokowi yang berasal dari kalangan rakyat biasa. Sehingga, ia  bisa merasakan dan mengerti apa yang dibutuhkan seluruh masyarakat termasuk merangkul semua kalangan.

Sahat menyatakan, masyarakat bisa melihat sejak awal menjadi presiden gaya kepemimpinan Jokowi selalu didasarkan pada kepentingan sipil. Dengan gaya tersebut menjadikan Jokowi sosok pemimpin berani, natural, dan apa adanya.

"Artinya dia (Jokowi) sebagai seorang rakyat sipil itu kemudian bisa memimpin Indonesia yang masih menjadi negara berkembang ini satu perlu kita apresiasi," ujar Sahat.

Di satu sisi, Sahat melihat model komunikasi yang dilakukan Jokowi sangatlah efektif. Menurutnya, Jokowi mampu menciptakan kesejukkan suhu politik lantaran terbukti mendapat respons positif dari berbagai kalangan.  "Artinya ada komunikasi yang baik yang beliau lakukan dengan lintas partai, dengan lintas elemen, baik elemen di dalam pemerintah maupun masyarakat sipil,” ucap Sahat.

Salah satu hal yang disoroti Sahat adalah kecapakan Jokowi dalam memakai pendekatan dengan nilai-niliai ideologi Pancasila sehingga menghasilkan jalinan komunikasi yang tanpa sekan dan batas. "Misalnya sekat-sekat suku, etnis, dan golongan. Beliaukan inklusif, bobot kebijakan yang kemudian bisa diterima oleh seluruh masyarakat dari golongan dan elit manapun," jelas Sahat. (RO/OL-15)

Baca Juga

dok.pribadi

Pendeta Alberth Yoku: Tindakan Korupsi Lukas Enembe Tanggung Jawab Pribadi

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 19:54 WIB
PENETAPAN Lukas Enembe (LE) menjadi tersangka oleh KPK mendapat dukungan dari sejumlah tokoh lokal Papua, salah satunya pendeta Alberth...
dok.ist

Pengamat: Kritikan SBY Soal Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 Asumsi Saja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 19:05 WIB
DIREKTUR Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, kritik Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, SBY soal dugaan...
Instagram @gerindra

Prabowo Sowan Ke 9 Kiai Sepuh NU Jateng, M Qodari: Game Changer di Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:57 WIB
“Ini memperlihatkan arah baru untuk segmentasi atau basis politik yang dituju. Kita tahu pada 2014 dan 2019 arahnya itu dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya