Rabu 22 Desember 2021, 14:14 WIB

Komisi V DPR Harap Pembangunan Pelabuhan Sangatta Segera Diselesaikan

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Komisi V DPR Harap Pembangunan Pelabuhan Sangatta Segera Diselesaikan

Ist/DPR
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.

 

WAKIL Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras berharap pembangunan Pelabuhan Sangatta yang terletak di kawasan Kenyamukan, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) segera diselesaikan dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Pembangunan Pelabuhan Sangatta merupakan bagian dalam program Tol Laut Jalur 8 yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada tahun 2017.

“Kita menginginkan bahwa pelabuhan yang sudah kita masukkan anggaran APBN beberapa tahun sebelumnya ini bisa fungsional. Sementara dari hasil kunjungan kita, masih belum terpenuhinya akses road ke pelabuhan sini dan juga belum selesainya crossway, jelas Andi Iwan saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI meninjau jalan akses ke Pelabuhan Sangatta, di Kutai Timur, Kaltim, Senin (20/12).

Selain akses jalan sepanjang 1,3 km yang belum terselesaikan, pembangunan fasilitas-fasilitas lainnya juga belum terselesaikan guna menunjang operasional pelabuhan tersebut.

Sehingga, menurut Andi Iwan, percepatan pembangunan tersebut terus didorong agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Saya kira pelabuhan (Sangatta) ini nanti akan bisa membantu perekonomian masyarakat kita di sini tentunya, bagaimana supaya dari pihak pemerintah kabupaten dapat menggunakan pelabuhan ini untuk kepentingan di kabupatennya sendiri. Karena kita dari pemerintah pusat sudah menjelaskan kepada pemerintah kabupaten," ungkap Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini.

Untuk menunjang pembangunan Pelabuhan Sangatta, pihaknya berharap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Perhubungan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dari berbagai aspek.

“Kita harapkan dari Kementerian PUPR bisa membantu itu ataukah dari pihak Kementerian Perhubungan sendiri bisa mengintervensi langsung. Namun untuk pekerjaan-pekerjaan yang sudah diserahkan kepada pemerintah kabupaten tentunya akan menjadi kewajiban kabupaten itu sendiri," imbuh Andi Iwan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Kepelabuhan Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub Subagyo yang juga mendampingi kunjungan tersebut mengungkapkan bahwa pembangunan fasilitas pelabuhan saat ini sudah mencapai 50%.

"Trestle sudah ada, crossway-nya tinggal pengeboran sisi daratnya, ini pelampakan penumpukannya sudah siap, tinggal akses jalan memang di samping untuk pembenahan," paparnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

AFP

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Polri Copot Kapolres Malang

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:39 WIB
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dimutasi ke SSDM Kapolri, sebagai tindak lanjut atas tragedi maut di Stadion Kanjuruhan,...
MI/REZA SUNARYA

NasDem Purwakarta akan Berjuang Menangkan Anies Baswedan

👤Reza Sunarya 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:35 WIB
Keputusan DPP Partai NasDem menitipkan amanah rakyat kepada Anies Baswedan disambut positif pengurus dan kader partai di...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

KPK: Kami Tidak Pernah Menyebutkan Seseorang jadi Tersangka Formula-e

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:29 WIB
Alex mengatakan kasus ini masih di tahap penyelidikan. Lembaga Antikorupsi baru mencari kronologi pelanggaran hukum dalam kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya