Sabtu 04 Desember 2021, 18:30 WIB

Soal Capres Non Partai, Ini kata Partai Demokrat 

Cahya MUlyana | Politik dan Hukum
Soal Capres Non Partai, Ini kata Partai Demokrat 

Dok. 123rf
Ilustrasi capres 2024

 

DEMOKRASI tegak berdiri karena disokong salah satu pilar yang bernama partai politik. Wadah ini bertugas menjadi ruang masyarakat untuk menimba ilmu perpolitikan dan kebangsaan. 

Bahkan dalam Undang-undang Pemilu ditegaskan posisi partai sangat penting yakni sebagai pihak yang bisa mengusung calon presiden. Idealnya kandidat yang dipercaya dapat menjadi penerus kepemimpinan bangsa bernaung di partai. 

"Dalam konteks Konstitusional setiap warga punyak hak untuk dipilih dan memilih dalam pemilu, tidak terkecuali dalam pemilihan presiden," kata Ketua DPP Partai Demokrat bidang Hukum Didik Mukrianto dalam keterangannya, Sabtu (4/12). 

Menurut dia, pelaksanaan berikut persyaratan kontestasi tersebut diatur dalam UU sebagai landasan atau jaminan kepastian hukum dan kepastian hak. Dalam UU Pemilu sudah diatur mengenai tehnis pencalonan pasangan calon presiden termasuk syarat partai politik dan Presidensial Threholdnya. 

Baca juga : Survei Capres 2024, 4 Ketum Parpol Tercatat Miliki Elektabiltas Positif 

Partai politik adalah bagian lembaga politik yang bertujuan menjadi sarana pendidikan politik, artikulasi politik, komunikasi politik, sosialisasi politik, agregasi politik dan rekrutmen politik. 

"Saya yakin semua partai politik saat ini sedang mempersiapkan kadernya sebagai calon-calon pemimpin bangsa," paparnya. 

Oleh karena bagian proses regenerasi kepemimpinan bangsa khususnya calon presiden dan wakil presiden, lanjut dia, secara aturan harus berproses dan dicalonkan oleh partai politik. 

"Maka idealnya setiap generasi bangsa yang ingin maju sebagai presiden dan wakilnya mutlak harus berproses melalui parpol," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

NasDem Tantang Fraksi Lain Tuntaskan RUU TPKS

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 18 Januari 2022, 08:10 WIB
ANGGOTA Komisi I DPR Hillary Brigitta Lasut menantang semua fraksi di DPR RI, untuk menuntaskan pembahasan Undang-undang (RUU) Tindak...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

PDIP Undang Erick Thohir Ke Sekolah Partai, Bicara Soal Pilpres 2024?

👤Widhoroso 🕔Senin 17 Januari 2022, 20:55 WIB
PARTAI Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengundang Menteri BUMN Erick Thohir ke Gedung Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta...
Antara

Hasto Ungkap Kehadiran Erick Thohir di Sekolah Partai PDIP

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 20:00 WIB
Bagi Hasto, kesuksesan Erick, Teten, dan Siti dalam menjalankan program kerja memberikan catatan baik pemerintahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya