Senin 25 Oktober 2021, 11:50 WIB

Elite Partai NasDem Didapuk Order of The Falcon oleh Islandia

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Elite Partai NasDem Didapuk Order of The Falcon oleh Islandia

Dok. Partai NasDem
Maxi Gunawan diagugerahkan Order of The Falcon oleh Presiden Islandia

 

PEMERINTAH Republik Islandia secara resmi menganugerahkan Order of The Falcon kepada Konsul Kehormatan Islandia di Indonesia, Maxi Gunawan. Presiden Islandia H E Gudni Th Johannesson secara langsung menyematkan medali tersebut kepada Maxi yang merupakan wakil ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem itu di Reykjavik, Islandia.

"Kemarin konsul kehormatan Islandia di Indonesia Bapak Maxi Gunawan secara resmi dianugerahi Order of The Falcon," terang Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Islandia dalam keterangan resmi di akun facebook-nya, Senin (25/10).

Kemenlu Islandia mengungkapkan penganugrahan itu karena peran Maxi yang begitu besar dalam membangun hubungan baik antara Islandia dan Indonesia.

"Atas pengabdiannya yang penuh dedikasi untuk kemajuan dan kepentingan Islandia di Indonesia, Pak Gunawan diangkat sebagai konsul kehormatan Islandia di Indonesia pada 2008. Saat ini beliau memegang jabatan ketua umum asosiasi konsul kehormatan di Indonesia," ungkap keterangan tersebut.

Baca juga: Presiden Lantik 17 Dubes, Fadjroel Rachman Ditempatkan di Kazakhstan

Order of The Falcon adalah tanda kehormatan tertinggi yang diberikan oleh negara Islandia kepada individu. Tanda atau medali kehormatan ini diberikan untuk kali pertamanya kepada Raja Christian X dan Ratu Alexandrine dari Denmark, saat keduanya berkunjung ke Islandia pada tahun 1921.

Sebuah dekrit kerajaan dikeluarkan di Reykjavík pada 3 Juli 1921 untuk menetapkan Order of The Falcon Islandia. Dekrit tersebut menyatakan memberikan pengakuan resmi kepada pria dan wanita, baik orang Islandia maupun asing, yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi kehormatan dan kemakmuran negara.

Pada Order of The Falcon terdapat gambar burung elang, yang dalam sejarah Islandia dianggap sebagai hadiah paling berharga bagi para pejabat dan individu lainnya. Selain itu, burung elang juga menjadi bagian utama dalam lambang negara Islandia. (P-5)

Baca Juga

MI/ Moh Irfan

Desakan Junimart Agar Ormas Pembuat Onar Dibubarkan Tuai Polemik Hingga Daerah

👤Supardji Rasban 🕔Sabtu 27 November 2021, 11:03 WIB
PP Kabupaten Brebes menuding pernyataan itu melukai dan mencederai demokrasi yang dibangun bangsa...
Thinkstock

Ayo Sadari Bahaya Femisida di Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:30 WIB
Femisida banyak dipahami sebagai pembunuhan yang menargetkan satu atau lebih perempuan hanya karena jenis kelamin/gender...
DOK DPR RI

Komisi VII Himpun Data Produksi Gula dalam Negeri

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 08:06 WIB
Komisi VII DPR RI menilai perlu ada ketentuan batas minimal penggunaan bahan baku raw sugar produk dalam negeri untuk memproduksi gula...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya