Rabu 22 September 2021, 17:27 WIB

Ini 10 Kasus yang dilakukan Teroris Kelompok Teroris Ali Kalora

Hilda Julaika | Politik dan Hukum
Ini 10 Kasus yang dilakukan Teroris Kelompok Teroris Ali Kalora

MI/Taufan SP Bustan
DPO teroris

 

TIM Satgas Madago Raya terus mengintensifkan pencarian 4 teroris Poso yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Kasatgas Humas Madago Raya, KBP Didik Supranoto dalam keterangannya pun meminta dukungan warga setempat untuk melaporkan bila menemukan sosok yang mempunya ciri-ciri seperti 4 DPO tersebut.

“DPO saat ini tersisa 4 orang dan Tim Satgas Madago Raya terus mengintensifkan pencarian. Mohon doa dan dukungan masyarakat Sulteng agar tugas dapat segera diselesaikan,” kata Didik dalam keterangan resminya, Rabu (22/9).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan rasa simpati sekecil apapun pada kelompok teroris Poso. Menurutnya, hal ini disebabkan mereka bukan pahlawan tetapi sebagai kelompok teroris yang selalu menyebar ketakutan.

“Jangan berikan bantuan logistik/makanan, informasi dan laporkan kepada Polri atau TNI apabila ada orang yang mencurigakan yang mempunyai ciri-ciri fisik seperti gambar DPO yang telah disebar oleh Satgas Madago Raya,” jelasnya.

Pihaknya pun menjelaskan, berdasarkan catatan Satgas Madago Raya setidaknya ada 10 kasus pembunuhan dan pembakaran yang merupakan bukti kekejaman Ali Kalora dan kawan-kawannya.

Didik lebih lengkap menerangkan 10 kasus yang dilakukan Ali Kalora dari tahun 2017 s.d 2021 antara lain

1. Kasus pembunuhan di Desa Parigi Mpu Kab. Parigi Moutong pada tanggal 3 Agustus 2017 dengan korban Simon Suju.

2. Kasus pembunuhan di desa Salubanga Kec. Sausu Kab. Parigi Moutong tanggal 30 Desember 2018 korban Ronal Batau alias Anang.

3. Pembunuhan di Pegunungan Penghulu Kanan Desa Berdikari Kec. Palolo Kab. Sigi tanggal 23 Mei 2019, korban Njue.

4. Pembunuhan di Pegunungan batu tiga desa Tindaki Kec. Parigi Selatan Kab. Parigi Moutong tanggal 25 Juli 2019, korban Tamar dan Patte.

5. Pembunuhan di perkebunan dusun sipatuo desa Kilo Kec. Poso Pesisir Utara Kab. Poso tanggal 7 April 2020, korban Rattapo alias Daeng Tapo.

6. Pembunuhan di pegunungan Km.9 desa Kawende Kec. Poso Pesisir Utara Kab. Poso tanggal 19 April 2020, korban Ambo Ajeng alias Papa Angga.

7. Pembunuhan di perkebunan Tahiti desa Sangginora Kec. Poso Pesisir Selatan Kab. Poso tanggal 9 Agustus 2020, korban Agus Balumba alias Papa Sela.

8. Penemuan mayat di Jalan trans Poso Napu desa Maholo Kec. Lore Timur Kab. Poso tanggal 14 Agustus 2020, korban Eliyas Lapulalang.

9. Pembunuhan dan pembakaran di dusun V trans lenovu desa Lembantongoa Kec. Palolo Kab. Sigi tanggal 27 November 2020, korban 4 orang yaitu Nakka, Ferdy alias Pedi, Pinu dan Yasa

10. Pembunuhan di pegunungan Patiroa Desa Kalimago Kec. Lore timur Kab. Poso tanggal 11 Mei 2021, korban 4 orang atas nama Lukas Lese Puyu, Paulus Papa, Simson Susa, Marten Solong.

Pihaknya juga mengungkapkan data kejahatan atau kekejaman diluar perikemanusiaan yang dilakukan Ali Kalora perlu dipublikasikan agar masyarakat memahami perbuatan yang telah dilakukannya. (OL-2)

Baca Juga

Dok NU Online

Surat Rais Aam PBNU Diklaim Sesuai AD/ART

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Desember 2021, 23:14 WIB
"Dalam Anggaran Rumah Tangga diatur Rais Syuriah juga berwenang mengendalikan kebijakan...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Mensesneg: Pos Wakil Menteri Tidak Wajib Diisi

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 01 Desember 2021, 22:22 WIB
Pratikno juga menjelaskan, dalam Perpres Kelembagaan, presiden memang menetapkan sejumlah posisi wakil menteri. Namun, bukan berarti posisi...
MI.Adami Dwi

Jaga Ketertiban Umum dengan Implementasikan UU Ormas

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Desember 2021, 21:43 WIB
Dalam pasal tersebut ormas dilarang melakukan tindakan permusuhan terhadap suku, agama, ras, atau golongan, melakukan penyalahgunaan,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya