Rabu 25 Agustus 2021, 19:37 WIB

Cegah Serangan Siber, Bawaslu Gandeng BSSN

Indiryani Astuti | Politik dan Hukum
Cegah Serangan Siber, Bawaslu Gandeng BSSN

Ilustrasi
Ilustrasi serangan siber

 

SEIRING maraknya perentasa, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menjalin kerja sama dengan Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN) terkait perlindungan informasi dan transaksi elektronik di lingkungan Bawaslu, Rabu (25/8). 

Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan nota kesepahaman dengan BSSN diharapkan, bisa mencegah ancaman siber yang dapat merusak perangkat teknologi informasi, atau mengganggu data seperti data pemilu dan pemilihan. 

"Nota Kesepahaman ini diharapkan dapat meningkatkan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)," ujar Abhan dalam acara yang digelar secara daring itu, Rabu (25/8).

Kerja sama Bawaslu dalam bentuk MoU ini Selain itu, ada pula penyerahan akun surat elektronik resmi Bawaslu kepada seluruh pimpinan dan sekretariat Bawaslu Provins hingga Bawaslu Kabupaten/Kota yang didahului peluncuran layanan eletonik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (e-PPID) terintegrasi Bawaslu. 

Baca juga : Kepuasan dan Kepercayaan Publik Terhadap Joko Widodo Masih Tinggi

Abhan menyampaikan, Bawaslu RI telah menerapkan tanda tangan elektronik dan sertifikat eletronik dalam surat-menyurat dan lain-lain. 

Kepala BSSN LetjenTNI (Purn) Hinsa Siburian menyampaikan tanda tangan elektronik dan serifikat elektronik telah digunakan di 345 instansi. Ia mengatakan BSSN telah menyiapkan “pasukan” anti serangan siber yang siap membantu kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. 

"Saya berharap hingga tahun 2024 seluruh instansi telah memiliki mekanisme pencegahan serangan siber," ujarnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Hasto Tegaskan Pertemuan Ganjar dan AHY Hanya Kebetulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:39 WIB
Diketahui, Ganjar Pranowo dan AHY bertemu saat menunaikan salat Jumat di Masjid Nurul Hidayah, Jalan Brawijaya, Jakarta, Jumat...
Antara

Puan: Hati PDIP Bersama Wong Cilik

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:30 WIB
Menurut Puan, PDIP hanya terlihat sebagai partai yang besar, namun hatinya tetap bersama wong cilik. Dirinya pun menepis anggapan bahwa...
Antara

KPK Siap Hadapi Mardani di Praperadilan

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:06 WIB
Ali menegaskan KPK sudah sesuai prosedur hukum menetapkan Maming sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya