Rabu 25 Agustus 2021, 18:31 WIB

Kepuasan dan Kepercayaan Publik Terhadap Joko Widodo Masih Tinggi

Sri Utami | Politik dan Hukum
Kepuasan dan Kepercayaan Publik Terhadap Joko Widodo Masih Tinggi

Dok.MI
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

 

KINERJA Presiden Joko Widodo dinilai masih memuaskan oleh masyarakat. Berdasarkan hasil survei nasional Indikator pada 30 Juli- 4 Agustus 2021 menyatakan 67,3% masyarakat merasa sangat puas dan puas dengan kerja Joko Widodo sebagai presiden.

Rinciannya, 59,2% masyarakat merasa puas dengan kerja Joko Widodo sebagai presiden. Sedangkan 8,1% publik menilai sangat puas terhadap kinerjanya.

Tapi angka tersebut berbeda dengan penilaian kepada Wakil Presiden Ma'aruf Amin yang hanya mencapai 39,% cuku puas dan 3,6% sangat puas.

“Ini masukan yang baik dari publik. Mungkin publik meminta wakil presiden untuk lebih aktif lagi membantu presiden. Saya kira sudah bekerja tapi dari sisi frekuensi mau pun sosialisasi lebih banyak lagi yang harus dilakukan oleh wakil presiden,” jelas Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Baca juga: Pengamat Nilai Surya Paloh Sampaikan Isu Kunci Soal Demokrasi

Dia merinci kepuasan terhadap kinerja presiden dan wakil presiden berdasar sosio demografi pria lebih puas 58,6% sedangkan wanita60,2%. Sedangkan berdasarkan usia yang menilai puas tertinggi diberikan oleh masyarakat yang berusia di atas 55 tahun yakni 65,2% lalu peringkat kedua yakni berusia 41-55 tahun yakni 61,6%.

Sementara itu untuk wilayah kepuasan tertinggi di Bali dan Nusa Tenggara 91,8% dan yang terendah di Maluku dan Papua yang merupakan konsen pembangunan oleh pemerintah hanya 30,8%.

“Sedangkan kalau berdasarkan etnis dari Jawa tertinggi yakni 69,5% dan lalu Sunda 45,9%. Sedangkan yang paling rendah yakni dari Minang 2,8%. Untuk di pedesaan 61,7% dan perkotaan 57,1%,” imbuhnya, Selasa (25/8)

Dalam survei tersebut juga menemukan bahwa kinerja menteri pemerintahan Joko Widodo- Maaruf Amin mendapatkan kepuasan yang cukup. Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menperaf Sandiaga Uno, Mensos Tri Rismaharani, Menkeu Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir lebih meyakinkan evaluasi sebagai menteri dibandingkan menteri lainya.(OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

Inilah Penjelasan Hakim MK terkait Putusan Inkonstitusional Bersyarat Omnibus Law

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 03 Desember 2021, 20:33 WIB
Membatalkan UU Cipta Kerja secara mendadak dapat memberi implikasi yang begitu besar bagi tatanan hukum di...
Mi/Ilham

Pengamat Sebut Kapolda-Kapolres Sowan ke Ormas Karena Pragmatis 

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:36 WIB
Pasalnya, setiap kasatwil baru mengharapkan tidak ada perubahan kamtibmas yang substansial di wilayahnya. Sebab itu, ormas didekati agar...
 ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Dilaporkan ke Kejagung Terkait Kasus Tanjungbalai

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Jumat 03 Desember 2021, 18:32 WIB
Lili dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 36 dan Pasal 65 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya