Kamis 29 Juli 2021, 18:55 WIB

Menkumham: PPKM untuk Lindungi Rakyat, bukan Mengekang

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Menkumham: PPKM untuk Lindungi Rakyat, bukan Mengekang

Antara
Menhumkam Yasonna Laoly saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR RI.

 

UPAYA penanggulangan pandemi covid-19 melalui kebijakan PPKM bertujuan melindungi kesehatan rakyat. Menurut Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, kebijakan tersebut perlu diberikan dukungan segenap masyarakat.

"Kita tahu bahwa PPKM ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Kita harus memahami aturan pemerintah tentang PPKM dan kita harus mendukung sepenuhnya," ujar Yasonna, Kamis (29/7).

Baca juga: Luhut: Tracing Pasien Jadi Kunci Penanganan Covid-19

Lebih lanjut, Yasonna mengatakan kebijakan PPKM sebagai ikhtiar pemerintah untuk menekan laju penularan covid-19. Namun, pihaknya memahami bahwa PPKM menimbulkan dampak bagi perekonomian masyarakat.

Akan tetapi, pemerintah dikatakannya tidak tinggal diam. Sebab, pemerintah telah menggelontorkan anggaran jaminan sosial bagi masyarakat. Termasuk, pemberian obat covid-19 gratis, subsidi bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah, hingga berbagai program bantuan sosial tunai.

Selama masa pandemi covid-19, kata Yasonna, Kemenkumham telah melakukan refocusing anggaran sebesar Rp1,19 triliun untuk upaya penanganan covid-19. Seperti, kegiatan Kumham Peduli dan Kumham Berbagi, yang sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Turun ke Daerah, Mendagri Pantau Pencairan Anggaran Covid-19

Diketahui, Kepala Negara meminta para menteri untuk melakukan langkah maksimal terhadap penanganan pandemi covid-19. Salah satunya, pemberian bantuan sosial bagi masyarakat dan pelaku usaha mikro.

“Bantuan sosial tidak hanya menyentuh kepada masyarakat yang berada di wilayah perkotaan, namun juga kepada saudara-saudara kita yang berada di wilayah perbatasan,” katanya.(OL-11)

Baca Juga

Dok.Ditjen Pajak

Dua Pejabat Ditjen Pajak Didakwa Terima Uang Rp55 Miliar

👤 Tri Subarkah 🕔Rabu 22 September 2021, 13:00 WIB
Keduanya adalah Direktur Pemeriksaan dan Penagihan (P2) Ditjen Pajak 2016-2019 Angin Praytino serta Kepala Sub Direktorat Kerjasama dan...
MI/M Irfan

Kasus Pelecehan Seksual Pegawai KPI, Polres Jakpus: Masih Penyelidikan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 22 September 2021, 12:46 WIB
Kombes Hengki Haryadi memenuhi pemanggilan Komnas HAM) untuk dimintai keterangan terkait dugaan kasus kekerasan seksual yang...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Penyidik Polri Periksa Napoleon Hingga Malam Hari Terkait Penganiayaan Muhammad Kece

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 22 September 2021, 12:39 WIB
Pemeriksaan Napoleon dilakukan pada Selasa (21/9). Mantan Kadiv Hubinter tersebut diperiksa sejak siang hingga malam hari, pukul 23.00...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Miliarder Baru dari Pundong

MASYARAKAT dihebohkan dengan video viral warga Dukuh Pundong III, Kelurahan Tirtoadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membeli tiga mobil dengan uang tunai.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya