Sabtu 05 Juni 2021, 12:29 WIB

Lima Besar Elektabilitas Capres 2024, Anies Baswedan Tertinggi

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Lima Besar Elektabilitas Capres 2024, Anies Baswedan Tertinggi

Foto/Courtesy Youtube
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan gagasan di forum internasional secara virtual.

 

MESKI Pemilu Presiden (Pilpres) baru akan dilaksanakan dalam waktu 3 tahun ke depan, sejumlah lembaga survei sudah mulai melakukan pemetaan elektabilitas para kandidat calon presiden (capres). Survei CISA menunjukkan terdapat 5 tokoh politik yang mempunyai elektabilitas tinggi sebagai calon presiden 2024.

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi sebesar 19,2% versi survei CISA yang dilakukan pada awal bulan Juni.

Secara mengejutkan Anies dibayangi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan nilai elektabilitas 15,51%. Elektabilitas AHY mengungguli partainya sendiei yakni Demokrat sebesar 13,22%.

“Anies, AHY, Ganjar, Prabowo dan Erick menempati lima besar elektabilitas tertinggi dari yang lainnya. Kita cek ulang di lima besar daerah yang basis sampelnya terbesar juga," kata Direktur Eksekutif CISA, Herry Mendrofa di Jakarta, Sabtu (5/6).

Herry menjelaskan, elektabilitas Ganjar, AHY dan Prabowo mendominasi Jawa Timur. Dominasi Ganjar masih sulit ditumbangkan di Jateng. Sedangkan Anies, Prabowo dan AHY memimpin di Jabar.

"Praktis Ganjar tumbang di DKI Jakarta karena responden cenderung memilih Anies, AHY dan Erick Tohir. Namun di Sumut, peluang keterpilihan baik Anies, AHY dan Ganjar cukup proporsional serta sisanya ada nama Prabowo dan Erick Tohir,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik Adi Prayitno mengingatkan bahwa saat ini masih terlalu dini untuk 'terkunci' pada angka elektabilitas tertentu.

"Politik masih bergerak dinamis, karena itu angka elektabilitas masih bisa berubah-ubah. Apalagi lembaga-lembaga survei berbeda-beda dalam melakukan sampling, mengumpulkan data dan menarik analisa. Jangan terpaku pada angka elektabilitas, lebih baik cermati trennya," saran Adi.

Adi mengakui bahwa tren elektabilitas Partai Demokrat dan Ketum AHY memang sedang tinggi.

"Mereka diuntungkan oleh clear victory dalam kasus upaya kudeta kepemimpinan PD, baik secara politik maupun hukum," jelas Adi.

Selain itu, AHY memiliki posisi yang unik sebagai pokitis muda yang memimpin partai besar. Kepemimpinannya yang tegas dan cekatan pasca isu kudeta mampu meningkatkan elektabilitas AHY.

"Sebagai tokoh diluar pemerintahan, AHY punya keleluasaan tersendiri untuk pergi ke daerah-daerah, menemui berbagai tokoh dan kalangan serta bersikap kritis pada pemerintah tanpa perlu bermusuhan," paparnya. (Uta/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Jaya Kusuma

Danjen Kopassus Tegaskan Eggi Sudjana bukan Warga Korps Baret Merah

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:53 WIB
Teguh juga mengatakan Eggi Sudjana tidak pernah berkontribusi dalam satuan Kopassus. Alumni angkatan militer (Akmil)...
MI/Pius Erlangga

Kejagung Sebut Pemanggilan Dua Purnawirawan Jenderal TNI AL Butuh Koordinasi JAM-Pidmil

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 28 Januari 2022, 04:15 WIB
Kedua purnawirawan yang dimaksud adalah Laksamana Pertama (Laksma) (Purn) Listyanto dan Laksamana Muda (Laksda) (Purn)...
Antara

Di Balik Terbit Rencana Tersimpan Bencana

👤Muklis Effendi (Story Builder) 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:53 WIB
Publik baru terperangah kemudian marah ketika LSM Migrant Care menyebut bangunan itu sebagai kerangkeng manusia, tempat bagi perbudakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya