Rabu 02 Juni 2021, 00:07 WIB

Presiden: Konektivitas 5G untuk Perluasan Ideologi Pancasila

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Presiden: Konektivitas 5G untuk Perluasan Ideologi Pancasila

Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo

 

MEMPERINGATI Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong masyarakat memanfaatkan konektivitas teknologi 5G untuk memperluas nilai-nilai ideologi Pancasila dalam beraktivitas.

“Ketika konektivitas 5G yang melanda dunia, maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat,” ujar Jokowi dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung virtual, dikutip laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Selasa (1/6).

Menurut Kepala Negara, kemudahan akibat konektivitas teknologi tersebut juga perlu diwaspadai karena bisa digunakan untuk penyebaran ideologi transnasional.

“Kemudahan teknologi bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, ke seluruh usia, bahkan tidak mengenal lokasi dan waktu,” ucapnya.

Baca juga: Ganjar Kunjungi Desa Damai Berbudaya di Hari Lahir Pancasila

Menyikapi sambutan Presiden mengenai konektivitas dan pemanfaatan teknologi 5G, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menjelaskan, pihaknya ditugaskan untuk menguatkan dalam mengakses digital.

"Adanya 5G di Indonesia yang disinggung secara langsung oleh Bapak Presiden tadi bahwa kehidupan baru akan segera berubah dengan transformasi, dengan disrupsi, dengan perkembangan teknologi digital, khususnya generasi ke-5 telekomunikasi," tuturnya.

"Bersama-sama bergandengan tangan, memperkuat barisan dengan bekerja serius, sungguh-sungguh dan cerdas, bekerja dengan semangat memerdekakan bangsa Indonesia," tandas Politikus NasDem itu.

Kominfo pun secara resmi memberikan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk bisa menggelar layanan 5G. Telkomsel menjadi operator seluler yang pertama kali dapat melakukan layanan itu seiring dengan tuntasnya uji kelaikan yang telah dilakukan operator seluler itu.  

"Indonesia memasuki babak baru dalam layanan telekomunikasi. PT Telkomsel akan menjadi penyelenggara jaringan 5G pertama di Indonesia," kata Johnny dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (24/5). (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

PDIP: Buya Syafii Selalu Gaungkan Ideologi Harapan

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:42 WIB
Indonesia kehilangan tokoh besar dengan kepergian cendekiawan muslim itu. Puan juga mengaku hubungan mereka sangat dekat dan sudah seperti...
Dok MI

Ahok: Buya Syafii Maarif Teladan Merawat Kebinekaan

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 27 Mei 2022, 20:24 WIB
Ahok dan Buya Syafii memang cukup dekat. Bahkan Buya Syafii pernah membela Ahok yang tersandung kasus penistaan...
Antara

Mengaku Kerap Diintimidasi, Gubernur Papua Minta Perhatian dari Presiden

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Mei 2022, 19:13 WIB
Menurut Lukas Enembe, dirinya merupakan satu-satunya dari 34 gubernur di Indonesia yang kerap mendapat perlakuan tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya