Selasa 11 Mei 2021, 10:10 WIB

Pemerintah Harus Jelaskan Kematian Pascasuntik Vaksin AstraZeneca

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pemerintah Harus Jelaskan Kematian Pascasuntik Vaksin AstraZeneca

Ist/DPR
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena.

 

KASUS kematian setelah disuntik vaksin Covid-19 terjadi di Indonesia. Seorang pemuda berusia 22 tahun asal Buaran, Jakarta, bernama Trio Fauqi Virdaus meninggal sehari setelah disuntik menggunakan vaksin AstraZeneca di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/5). 

Meresposn hal itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena meminta pemerintah dalam hal ini, Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) untuk melakukan investigasi terhadap kasus kematian yang diduga akibat pemberian Vaksin AstraZeneca.  

"Kejadian ini harus menjadi perhatian seirus. Pemerintah perlu segera melakukan pengecekan berdasarkan data dan analisa yang kuat atas kasus kematian yang diduga akibat pemberian Vaksin AstraZeneca," katanya melalui rilis, Senin (10/5/2021). 

Selain itu, politikus Fraksi Partai Golkar itu meminta pemerintah menjelaskan kepada publik secara transparan terkait kejadian kematian yang diduga akibat pemberian vaksin AstraZeneca. Agar masyarakat tetap memiliki spirit positif dalam mengikuti  pelaksanaan vaksinasi. 

"Pemerintah perlu menyampaikan kepada publik apa yang terjadi. Kalau barang masih bermasalah, sebaiknya di-hold dulu, jangan sampai ada korban lagi. Penggunaan vaksin AstraZeneca harus dilakukan secara hati-hati," saran Melki.  

Dijelaskan Melki, Komisi IX DPR sempat memanggil Badan POM karena memberi izin vaksin AstraZeneca untuk digunakan di Indonesia. Langkah itu perlu ditempuh menyusul sejumlah negara di Uni Eropa mulai menghentikan pemesanan vaksin setelah ditemukan beberapa kejadian di antaranya pengentalan darah.

"Kami meminta evaluasi terkait penggunaan vaksin AstraZeneca di Indonesia, apakah ini layak atau tidak," pungkasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist/Ilustrasi

Bareskrim Bakal Bongkar Jaringan Antar Oknum Pinjol Ilegal

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 12:27 WIB
Sebelumnya, Bareskrim membongkar praktik pinjol ilegal perusahaan 'Rp Cepat' yang dikendalikan oleh warga...
Ant/Muhsidin

Ketua DPRD Tolikara Sangkal Beri Bantuan Uang KKB

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:27 WIB
KETUA DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Wanimbo, membantah mengenal pelaku penjual senjata dan amunisi untuk kelompok kriminal bersenjata...
MI/Susanto

KPK Jebloskan Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan ke Lapas Kedungpane

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:06 WIB
Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan akan menjalani hukuman penjara selama 7 tahun dalam perkara suap pemilihan anggota DPR pengganti...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya