Jumat 07 Mei 2021, 20:04 WIB

PKS Minta KPK Gunakan Kompetensi Bidang untuk Tes Pegawai

Putra Ananda | Politik dan Hukum
PKS Minta KPK Gunakan Kompetensi Bidang untuk Tes Pegawai

DOK MI.
Logo KPK.

 

POLITIKUS Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Nasir Djamil mendorong Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) menerapkan tes komptensi bidang sebagai rujukan bagi karyawan. Tes kompetensi bidang dinilai lebih tepat untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan para karyawan penyidik KPK.

"Bagi mereka yang memiliki kemampuan atau skill tertentu, yang harus dijadikan rujukan itu adalah tes kompetensi bidang," ujar Nasir saat dihubungi di Jakarta, Jumat (7/5). Nasir yang saat ini duduk sebagai Anggota Komisi II DPR menegaskan usulan tersebut sudah disampaikan langsung kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformas Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Menurut Nasir, tes kompetensi dasar yang berisi pengetahuan umum mengenai kebangsaan dapat dilakukan secara berkelanjutan. "Wawasan kebangsaan itu bisa dilakukan secara on going process," ujarnya.

 

Potensi pemecatan kepada para pegawai KPK bermula dari tes wawasan kebangsaan (TWK). Tes ini merupakan syarat bagi para pegawai untuk menyandang status aparatur sipil negara (ASN). KPK menggandeng Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk melakukan tes ini. Lembaga lain yang terlibat ialah Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), dan TNI Angkatan Darat.

"Memang ini masih spekulasi publik yang butuh instrumen untuk membuktikannya. Tapi kalau mencermati narasi pelemahan KPK, bukan tidak mungkin spekulasi publik mengandung kebenaran," ungkap Nasir.

Menurut Nasir, bukan tanpa alasan publik menilai KPK akan menjegal para karyawan, termasuk Novel Baswedan. Publik menyangka KPK saat ini berniat untuk menjegal para penyidik yang tegak lurus melawan korupsi. "Bukan hanya diduga menjegal NB, tapi juga patut diduga untuk menjegal para penyidik dan pegawai KPK yang masih merah putih dan tegak lurus," ungkapnya. (OL-14)

Baca Juga

Ist/Kemendes PDTT

Taufik Madjid: Kemendes Terus Giatkan Reformasi Birokrasi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 13:15 WIB
Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid juga menegaskan, Kemendes PDTT akan terus melaksanakan arahan Presiden Jokowi berkaitan dengan Reformasi...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

KPK Telusuri Pertemuan Wali Kota Tanjungbalai dan Penyidik Robin

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 22 Juni 2021, 12:52 WIB
KPK) memeriksa Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial dalam kasus dugaan suap makelar kasus yang melibatkan eks penyidik KPK Stepanus Robin...
Antara

Pakar Hukum: Soal TWK KPK itu Amanat UU Tidak Puas Gugat ke PTUN

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 12:05 WIB
LULUS tidaknya seorang pegawai dalam TWK adalah hal yang wajar, yang terpenting adalah KPK melakukan TWK sudah sesuai dengan aturan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya