Jumat 07 Mei 2021, 19:01 WIB

KPK: Tes Wawasan Kebangsaan Sepenuhnya Dilakukan BKN

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
KPK: Tes Wawasan Kebangsaan Sepenuhnya Dilakukan BKN

Antara
Pekerja saat membersihkan logo KPK.

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan bahwa tes wawasan kebangsaan sepenuhnya dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Saat rekrutmen awal, pegawai KPK sudah memenuhi persyaratan kompetensi dan integritas, sehingga aspek ini tidak dilakukan tes kembali.

"Dalam penyelenggaraan asesmen tes wawasan kebangsaan, KPK bukan merupakan penyelenggara asesmen," jelas Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan resmi, Jumat (7/5).

Baca juga: Hasil Tes Novel Baswedan Bocor, Ketua KPK: bukan dari Internal

Dalam pelaksanaan tes wawasan kebangsaan, BKN melibatkan Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis TNI (BAIS-TNI), Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat (Pusintel TNI AD), Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (DISPSIAD) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Semua alat tes berupa soal dan materi wawancara disusun oleh BKN bersama sejumlah lembaga. Sebelum melaksanakan wawancara, telah dilakukan penyamaan persepsi dengan pewawancara dari beberapa lembaga," imbuh Ali.

Adapun pelaksanaan wawancara mencakup pertanyaan yang dikembangkan dari tes tertulis sebelumnya. "Dari informasi pegawai KPK, ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab. Beberapa di antaranya, berkaitan dengan tata cara beribadah dan pilihan hidup berkeluarga," terangnya.

Baca juga: Pemerintah Anggap Wajar 75 Pegawai KPK Tidak Lolos ASN

KPK menerima masukan dari publik yang mempertanyakan relevansi beberapa materi dalam wawancara, yang tidak berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi KPK. Hal ini bisa menjadi kritik bagi penyelenggara asesmen.

"Kami menggarisbawahi bahwa asesmen tes tertulis dan wawancara difokuskan untuk mengukur penguatan integritas dan netralitas ASN," pungkas Ali.(OL-11)

 

Baca Juga

Ist/Kemendes PDTT

Taufik Madjid: Kemendes Terus Giatkan Reformasi Birokrasi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 13:15 WIB
Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid juga menegaskan, Kemendes PDTT akan terus melaksanakan arahan Presiden Jokowi berkaitan dengan Reformasi...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

KPK Telusuri Pertemuan Wali Kota Tanjungbalai dan Penyidik Robin

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 22 Juni 2021, 12:52 WIB
KPK) memeriksa Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial dalam kasus dugaan suap makelar kasus yang melibatkan eks penyidik KPK Stepanus Robin...
Antara

Pakar Hukum: Soal TWK KPK itu Amanat UU Tidak Puas Gugat ke PTUN

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 12:05 WIB
LULUS tidaknya seorang pegawai dalam TWK adalah hal yang wajar, yang terpenting adalah KPK melakukan TWK sudah sesuai dengan aturan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya